LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Jelang HUT RI ke-73, Forkompimda Asel Ziarah ke Makam Pahlawan 

ACEH SELATAN -  Seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan pejabat lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Teuku Cut Ali. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa, di Desa Suak Bakung, Kecamatan Kluet Selatan, Kamis (16/08/2018).

Ziarah tersebut, dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-73. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Komandan Upacara Kapten Inf Abdurrahim, S. Ag, Perwira Upacara Kapten Inf Edy Mulyo Pudjiono.

Untuk peserta upacara, diikuti oleh kelompok barisan Pama TNI dan Polri beserta anggota, Persit KCK cabang XXIX Dim 0107/Asel, aparatur pemerintahan dan para pelajar SMP, SMA sederajat.

Ziarah dalam rangka memperingati  HUT ke- 73 kemerdekaan RI itu, tidak hanya di Kluet Selatan, tapi juga di Makam Pahlawan Rajo Lelo Kecamatan Kluet Timur.

Prosesi upacara yang berlangsung selama lebih kurang 30 menit itu berjalan penuh khidmat. Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur dan dilanjutkan tabur bunga dan peletakan karangan bunga oleh unsur Forkopimda diikuti pejabat lainnya.

Perlu diketahui, kegiatan ziarah makam pahlawan nasional ini setiap tahun dilakukan pemerintah daerah menjelang HUT Kemerdekaan Indonesia sebagai bentuk penghormatan anak bangsa terhadap pahlawan yang telah berjasa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.
"Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang melawan penjajah, mari kita tundukkan kepala dan seraya berdoa," ucap Dandim saat memimpin hening cipta.

Perjuangan para pahlawan khususnya di Aceh Selatan dalam mencapai kemerdekaan tidaklah mudah melainkan membutuhkan pengorbanan harta nyawa. Karenanya mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan generasi yang kuat, cinta Negara dan Bangsa serta menjaga keutuhan NKRI.

Sebelum upacara ditutup, Kepala KUA Kecamatan Kluet Selatan, Dahri Dareh yang ditunjuk sebagai pembaca doa menadahkan kedua tanggannya untuk bermunajat kepada Allah SWT agar para pahlawan diberikan ampunan segala dosa dan kesalahan.

"Tempatkanlah mereka disisimu ya Allah, muliakanlah kedatangan mereka sebagai syuhada yang telah gugur dalam membela bangsa dan agama. Engkau Maha penjaga dan pemelihara, persatukan negara kami tercinta ini menjadi negara Baldatun Toyibatun Warobbun Ghofur, negara yang aman, damai, makmur dibawah keampunan-Mu. Amin!!," demikian pintanya dalam kekhusyukan doa.[FA]

Baca Juga