LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pilpres 2019: Yenny Wahid Deklarasi Dukungan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin

IST
JAKARTA - Putri kedua Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid resmi menyatakan dukungannya untuk pasangan capres-cawapres, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Selain Yenny, sembilan elemen elemen Gusdurian juga mendukung pasangan nomor urut 01.

"Dengan mengucap Bismilahirahmanirahim, dengan ini kami menyatakan mendukung pasangan nomor 01," kata Yenny di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Dalam deklarasi tersebut Yenny tidak sendirian. Ia didampingi sembilan elemen Gusdurian lainnya seperti Barikade Gusdur, Gerakan kebangkitan Nasional (GATARA), Forum Kyai Kampung Nusantara (FKKNU), Jaringan Perempuan untuk NKRI, Satuan Mahasiswa Nusantara, Profesional Peduli Bangsa, Komunitas Santri Pojokan, Milenial Political Movement, Garis Politik Mawardi.

Pada selasa, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menyatakan, siap memberikan posisi dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) kepada Yenny. "Tentu-tentu kalau beliau ini bisa kita masukin di tim, kalau beliau ingin bergabung," kata Juru Bicara TKN Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Abdul Kadir Karding di posko pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Cemara pada Selasa (25/9) di Jakarta Pusat.

Menurut Karding, dukungan Yenny Wahid sedikit banyak akan mempengaruhi perolehan suara kedua pasangan calon pemimpin tersebut. Namun, KIK mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan dukungan yang akan diberikan dalam pilpres kepada Yenny.

"Ke siapa pun Mbak Yenny itu kita hargai sebagai sikap politik," kata Karding lagi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua TKN KIK.

KIK memang telah berulang kali mengungkapkan keinginan mereka untuk menggaet Yenny Wahid. Sekretaris TKN KIK Hasto Kristyanto mengatakan, hal itu juga sesuai dengan tugas tim kampanye untuk menggalang para tokoh, menggalang dukungan rakyat, menggalang elemen-elemen yang memiliki kekuatan mengorganisir rakyat.

"Dia punya kompetensi kepemimpinan yang sangat baik jadi menurut saya wajar kalau Mbak Yenny Wahid menjadi bagian dari ikon untuk digalang oleh semua tim kampanye," kata Hasto Kristyanto.[Republika.co.id]

Baca Juga