-->








2015, Seluruh Puskesmas di Indonesia Akan Online

31 Desember, 2014, 10.54 WIB Last Updated 2014-12-31T03:54:27Z
JAKARTA - Teknologi internet menawarkan banyak kemudahan, termasuk dalam pelayanan kesehatan. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjanjikan, tahun 2015 seluruh puskesmas di Indonesia sudah bisa online.

"Paling lambat 2015, seluruh puskesmas sudah terhubung dengan Kementerian Kesehatan secara langsung," kata Menkominfo, ditemui di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Ambisi tersebut bukan tanpa hambatan. Hasil Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) 2011 menunjukkan baru 17,1 persen puskesmas di Indonesia yang punya internet. Belum semua puskesmas mempunyai fasilitas listrik 24 jam, dan bahkan baru 78,4 persen yang mempunyai komputer.

Meski demikian, Menkominfo optimistis target untuk meng-online-kan seluruh puskesmas tahun depan akan tercapai.

"Di semua kecamatan di seluruh Indonesia sudah ada fasilitas internet. Tinggal bagaimana di lapangan menghubungkannya saja," lanjut Menkominfo.

Selain akan menghubungkan seluruh puskesmas dalam satu jaringan dengan Kementerian Kesehatan, Menkominfo juga berkomitmen memfasilitasi teknologi telemedicine. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan juga akan dikembangkan sistem Pendidikan Jarak Jauh.


"Sekarang kan zamannya cyber, kalau kita nggak manfaatkan untuk hal yang positif itu nggak sensitif namanya," kata Menteri Kesehatan, Prof Dr Nila F Moeloek, SpM(K), ditemui di tempat yang sama. (Detik)
Komentar

Tampilkan

Terkini