-->








Muhammad Kadir Terpilih Menjadi Geuchik Bukit Seuleumak Periode 2015-2021

13 April, 2015, 23.12 WIB Last Updated 2015-04-13T23:59:31Z
ACEH TIMUR - Pemilihan kepala desa, atau seringkali disingkat Pilkades adalah suatu pemilihan kepala desa secara langsung oleh warga desa setempat. Berbeda dengan Lurah yang merupakan Pegawai Negeri Sipil, kepala desa merupakan jabatan yang dapat dijabat oleh warga biasa dari hasil pemilihan langsung dengan mencoblos tanda gambar calon kepala desa. Pilkades telah ada jauh sebelum era pilkada langsung.

Masyarakat Desa Bukit Seuleumak Birem Bayeun, pada tanggal 13 April 2015 melakukan Pilkades. Dalam pemilihan geuchik tersebut, empat orang ikut mencalonkan diri sebagai kandidat. Masing-masing calon yaitu M. Din kandidat nomor I, Muhammad Kadir kandidat nomor II, Lahmuddin kandidat nomor III dan kandidat nomor IV yakni Amir Hamzah.

Selanjutnya pemilihan berlangsung sejak pukul 9.00 s/d 14.00 WIB,yang berjalan dengan aman dan tertib hingga selesai penghitungan kertas suara oleh panitia. Sebelum dilakukan penghitungan suara oleh panitia, Kapolsek Birem Bayeun AKP Anwar sekaligus yang mewakili Muspika, menyempatkan diri untuk menyampaikan arahan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Bukit Seuleumak yang hadir agar tetap mendukung siapapun kandidat yang terpilih nantinya, demi untuk membangun Desa Bukit Seuleumak.

"Demikian juga kepada kandidat yang terpilih agar dapat menghargai kandidat yang tidak terpilih, juga sebaliknya kandidat yang tidak terpilih harus bisa terima dan harus berjiwa besar. Begitu juga hendaknya kepada masyarakat pendukung masing-masing kandidatnya agar dapat menerima siapapun kandidat yang terpilih menjadi geuchik harus kita dukung," jelas AKP Anwar.

Setelah penghitungan suara dilakukan oleh panitia, Muhammad Kadir kandidat nomor II unggul dan terpilih dengan mendapatkan dukungan sebanyak 143 suara. Sementara, M. Din mendapat sebanyak 50 suara, Lahmuddin mendapat 86 suara dan Amir Hamzah mendapat 100 suara.

Dari jumlah kertas suara sebanyak 490 yang disediakan oleh panitia, dan pemilih sebanyak 479 DPT, selanjutnya jumlah suara yang sah sebanyak 380 suara. Golput 97 suara, dan kertas yang rusak 2 suara.

Kepada lintasatjeh.com, Muhammad Kadir, geuchik terpilih untuk periode 2015-2021, mengatakan tentang motivasinya ikut mencalonkan diri menjadi geuchik, yakni ingin membangun desanya dan akan melanjutkan program-program di desa yang disusun oleh pemerintahan desa yang sampai saat ini masih tertunda.

"Dengan harapan, semoga desa yang saya pimpin nantinya akan lebih baik lagi dan lebih maju," demikian Muhammad Kadir. [w1]
Komentar

Tampilkan

Terkini