-->








Resmi jadi Kapolri, Badrodin Minta Didoakan Amanah

17 April, 2015, 13.33 WIB Last Updated 2015-04-17T06:33:59Z
JAKARTA - Akhirnya, Badrodin Haiti resmi dilantik sebagai Kapolri definitif. Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pagi ini (Jumat, 17/4).

Komjen Polisi Badrodin Haiti pun menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian seluruh rakyat Indonesia agar dirinya memimpin institusi Polri menuju lebih profesional dan dicintai masyarakat.

"Semoga saya dapat melaksanakan amanah ini dengan baik," ungkap Kapolri Badrodin kepada Kantor Berita Politik RMOL, melalui saluran telepon.

Diakuinya memang banyak tugas yang menanti ke depan untuk dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, termasuk membenahi internal institusi. Komitmennya akan tetap konsisten memberantas korupsi.

Badrodin Haiti merupakan alumnus AKABRI Bagian Kepolisian tahun 1982 sekaligus peraih Adhi Makayasa. Ia lulusan terbaik PTIK  Angkatan XXIV (penghargaan Adhi Wira), juga lulusan terbaik Lemhanas-RI KRA 36 Tahun 2003 (penghargaan Wibawa Seroja Nugraha).

Selama bertugas di institusi Polri, pria  kelahiran Desa Paleran Umbul Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ini dikenal sangat low profile namun tegas.

Ketegasan Badrodin terlihat ketika dengan lantang berkata bahwa orang berpengaruh di Provinsi Banten diduga korupsi. Namun, begitu proses penyelidikan hendak dilakukan, sehari sebelumnya Badrodin yang menjabat Kapolda Banten justru ditarik ke Mabes Polri. Posisi dia di Banten saat itu lantas digantikan Timur Pradopo.

Baginya itu pengalaman bermakna untuk menduduki jabatan lebih penting di korps Bhayangkara. Selang enam bulan kemudian, Badrodin diangkat menjadi kapolda Sulawesi Tengah dengan fokus tugas mengamankan Poso dari konflik dan teror. Tiga pelaku kerusuhan, Febianus Tibo dan kawan-kawan berhasil digiringnya ke eksekusi mati. Damai pun tercipta di wilayah Poso. Inilah adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan lebih profesional dan bertanggung jawab, begitu kata ayah dua anak ini merendah.

Prinsipnya, biarlah semua mengalir apa adanya. Begitu pula jabatan Kapolri yang kini diembannya. Dengan dilantik menjadi Kapolri, Badrodin juga resmi berpangkat bintang empat alias jenderal. [rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini