-->








Bupati Rocky Buka Muzakarah Ulama Tentang Gampong Islami

31 Mei, 2015, 16.30 WIB Last Updated 2015-05-31T13:26:23Z
ACEH TIMUR - Bupati Aceh Timur Hasballah HM. Thaib yang akrap disapa Rocky membuka secara resmi Muzakarah Ulama-I Tahun 2015 Tentang Gampong Islami di Desa Keutapang Mameh, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Minggu 31 Mei 2015.

Muzakarah Ulama kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena digelar di Desa yang dihadiri seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali masyarakat menengah kebawah.

Muzakarah kali ini digelar sekaligus memperingati Haul Ke-24 Almarhum Tgk. H. Muhammad Hasan (Abu Keutapang Mameh) yang dikenal sebagai sosok ulama kharismatik Aceh yang memiliki kelebihan tersendiri.

Bupati Aceh Timur Hasballah HM.Thaib dalam sambutan Pembukaan Muzakarah Ulama I Tahun 2015 mengatakan, hasil dari muzakarah Ulama se Aceh Tentang Gampong Islami nantinya akan dirumuskan menjadi Rancanangan Qanun (Raqan). Selanjutnya, keputusan ulama tentang Gampong Islami ini nantiya akan diajukan pihak eksekutif ke legislatif untuk disahkan menjadi Qanun Daerah.

Rocky mengatakan, kriteria Gampong Islam sebagaimana keputusan alim ulama nantinya akan akan dijalankan oleh masyarakat Aceh Timur yang dimulai dari Gampong Keutapang Mameh. "Apa kriteria Gampong Islami dan apa saja yang harus dipenuhi, itu semua nantinya akan dirumuskan dalam Muzakarah Ulama kali ini, sehingga Qanun Gampong Islami itu nantinya persis seperti keputusan Alim Ulama yang hadir ini dari seluruh pelosok di Aceh," kata Bupati Rocky.

Dalam kesempatan itu hadir Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf atau yang akrap disapa Mualem. Muzakarah Ulama kali ini menghadirkan para ulama dari berbagai pelosok di Aceh seperti Tgk. H. Nuruzzahri atau Waled Nu (Bireun), Tgk. H. Abdul Mannan atau Abu Blang Jruen (Aceh Utara), Tgk. H. M. Yusuf atau Tu Sop (Jeunieb) dan Tgk. H. Abdul Wahab atau Abu Keude Dua (Aceh Timur).

Selain itu terlihat hadir Sekretaris MPU Aceh, Drs.Tgk.H.Saifuddin Puteh, M.Si, Wakil Ketua DPRK Aceh Timur Samsul Akbar dan anggota DPRK Aceh Timur Dapil III serta para pimpinan dayah dalam kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Sebelum dimulai Muzakarah Ulama I Tentang Gampong Islami, Drs. Tgk. H. Ibnu Sa'dan, M.Pd membacakan profil dan biografi almarhum Tgk. H. Muhammad Hasan atau Abu Keutapang Mameh yang dinilai sebagai ulama yang memiliki kelebihan semasa hidupnya. [Iskandar]
Komentar

Tampilkan

Terkini