-->








Celotehku Tentang Membaca dan Menulis

14 Mei, 2015, 22.11 WIB Last Updated 2015-05-15T00:19:20Z
Membaca mungkin tak asing bagi semua orang, menulis juga sering dilakukan semua orang di berbagai kesempatan. Membaca bisa dilakukan di pendidikan formal seperti di sekolah maupun bangku kuliah, di warung kopi, di terminal, stasiun, bandara, tempat tidur bahkan di ruang pribadi "Double U C" atau "WC" atau kerennya di toilet.

Kalau menulis, bisa dimana aja, di buku, di dinding, di batu, di pasir maupun di tempat-tempat tersembunyi seperti di "PAHA" saat menulis contekan jelang ujian. Hayoo ngaku, pernah tidak?

Tapi yang mau kuceritakan tentang hobby membaca yang saat ini seperti membuatku kecanduan. Bahkan hambar rasanya ketika tidak membaca informasi terkini melalui jaringan internet telepon selular.

Karena, ternyata membaca membuat otak kita bekerja, pengetahuan bertambah dan kita tidak seperti katak dalam tempurung. Yaaa, setidaknya meski yang kita baca bukan ilmu-ilmu pasti tapi ada banyak wawasan dari berbagai disiplin ilmu, mulai ilmu agama, ilmu politik, ilmu pemerintahan dan banyak ilmu-ilmu lain seperti ilmu tentang informasi sosial, kesehatan, pendidikan, ilmu jiwa, bahkan ilmu kanuragan jaman-jaman pendekar sakti masa kerajaan dulu.

Pokoknya, membaca tak ada ruginya, mungkin hanya butuh sedikit waktu, di sela-sela kita bekerja, di sela-sela kita santai ataupun di sela-sela bersama sanak keluarga dan terkadang di sela-sela waktu berbahaya, saat nyetir, saat naik kereta/motor. Yang penting, jangan sampai celaka gara-gara membaca!

Terus soal menulis, aku semakin akrab dengan tombol-tombol huruf di keypad handphone-ku. Karena dengan menulis disitu, karyaku bisa kuterjemahkan untuk dinikmati pembaca. Meski belum begitu terampil dalam mengolah kata dan bahasa, tapi aku menikmatinya, menyukainya dan sungguh menjadi hobby yang menyenangkan.

Memang menulis masih terasa asing buatku, tapi dengan menulis sepertinya menjadi kebutuhan sehari-hariku. Rasanya seperti seharian tak minum air kalau tidak menulis rangkaian kata-kata. "Air yang menyejukkan".

Karena esensi membaca ada dalam Al Qur'an, Iqra' (bacalah)! Karena dengan menulis, motorikmu akan terbuka. Karena dengan membaca engkau akan menguasai dunia. Selamat membaca dan gemarlah menulis!
Komentar

Tampilkan

Terkini