-->

Alhamdulillah, Aceh Utara Diguyur Hujan

06 Juli, 2015, 20.56 WIB Last Updated 2015-07-06T13:57:29Z
IST
LHOKSUKON - Sekian lama dilanda musim kemarau, akhirnya hujan lebat mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya, Senin (6/7/2015). Awalnya sejak pagi hingga sore pukul 16:30 WIB, wilayah tersebut sangat cerah.

Dari pantauan lintasatjeh.com, hujan lebat yang turun dengan mendadak itu justeru disambut warga dengan menyediakan tempat untuk menampung air.

"Alhamdulilah hujan turun dengan sangat lebat, airnya bisa digunakan untuk berwudhu. Sekian lama daerah kami ini dilanda musim kering," ujar Tarmiadi (38) salah seorang warga.

Hal senada juga dikatakan Idris (28). Ia mengaku senang bahwa hujan turun dengan lebat dan bisa digunakan untuk menyiram tanaman cabai miliknya di kebun.

"Lahan tani cabai saya nyaris mati karena tak ada air untuk menyiram. Tapi alhamdulilah hujan sore ini turun dengan sangat lebat," ucap Idris dengan bangga.

Sebelumnya, beberapa kecamatan di Aceh Utara dilanda kekeringan. Sumur warga hingga kedalaman 35 meter pun kering total sama sekali tidak tersentuh air.

Akibatnya, warga sulit mendapatkan air bersih. Jika pun mendapatkan air yang kotor dan berbau, warga terpaksa menggunakan air tersebut untuk keperluan rumah tangga.

Prakirawan BMKG Kota Lhokseumawe, Syifaul Fuad sebelumnya menyebutkan bahwa kekeringan akan terjadi hingga satu bulan kedepan selama bulan ramadhan ini. Namun tidak menutup kemungkinan hujan akan turun dengan tiba-tiba.

Dari situs BMKG Indonesia memprediksikan untuk Provinsi Aceh, bahwa hari ini hujan mengguyur Kuta Cane, Takengon, Meulaboh, Kota Jantho, Sigli, Lhoksukon, Sinabang, Singkil, Bieureun, Blang Pidie, Blangkeujren, Calang, Suka Makmue, Simpang Tiga Redelong, Meuereudu, Banda Aceh, Sabang, dan Lhokseumawe.

Sementara untuk besok, Selasa (7/7), BMKG prediksikan wilayah Kabupaten dan Kota yang akan diguyur hujan lebat dan ringan yaitu Meulaboh, Kota Jantho, Sigli, Lhoksukon, Sinabang, Bireun, Blangpidie, Blangkeujren, Calang, Suka Makmue, Karang Baru, Simpang Tiga Redelong, Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini