-->








DSKS Desak Polisi Tangkap Ketua GIDI

21 Juli, 2015, 23.07 WIB Last Updated 2015-07-21T16:08:25Z
JAKARTA - Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) mengecam aksi penyerangan dan pembakaran masjid dan sejumlah ruko di Tolikara, Papua. Mereka mendesak pemerintah dan aparat keamanan untuk memeriksa Ketua GIDI Tolikara Pdt. Nayus Wenea.

"Kami mendesak pemerintah dan aparat keamanan untuk menangkap, memeriksa Ketua GIDI Tolitora Pdt. Nayus Wenea dan Sekretaris Marthen Jingga karena telah menciptakan rasa tidak nyaman dan diskriminatif terhadap umat Islam di Tolikara," kata Ketua DSKS, Muinudinillah Basri dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (21/7).

DSKS juga meminta aparat mendalami dugaan adanya hasut, penggerakan massa, maupun aktor intelektual di balik pembakaran masjid Baitul Muttaqin, Karubaga, Tolikara.

Selain itu, para pelaku penyerangan harus segera ditangkap karena telah merusak masjid, tempat ibadah umat Islam. Apalagi, masjid tersebut berada di wilayah hukum TNI, yang merupakan fasilitas negara untuk bimbingan mental para prajurit.

Muinudinillah meminta pemerintah memprioritaskan pendekatan penegakan hukum dan menyampaikan kepada publik terkait pelaku penyerangan. Menurutnya, hal ini supaya ada kepastian hukum sekaligus menghindari adanya penilaian pembiaran perbuatan melawan hukum.

"Kami meminta keadilan pemerintah untuk umat Islam Indonesia yang seringkali terdzalimi," ujarnya.

Sebab label terorisme seringkali hanya dilekatkan apabila pelaku kejahatan berasal dari Muslim. Pemerintah seharusnya bersikap adil dalam menindak pelaku kerusuhan, baik Muslim maupun non Muslim.[Republika]
Komentar

Tampilkan

Terkini