-->








Kapolda Papua Irjen Yotje Mande Dicopot

30 Juli, 2015, 21.42 WIB Last Updated 2015-07-30T14:45:49Z
JAKARTA - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) melakukan mutasi jabatan terhadap Irjen Yotje Mande, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua menjadi Pati Yanma Polri.

Berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor ST/195//VII/2015 tertanggal Kamis 30 Juli, posisi Kapolda Papua selanjutnya akan ditempati oleh Brigjen Paulus Waterpaw yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Dalam surat tersebut, posisi Paulus Waterpaw akan digantika dengan Brigjen Royke Lumowa. Royke sebelumnya, sebagai Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontijensi Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Mutasi tersebut dibenarkan oleh Kabagpenum Mabes polri, Kombes Suharsono.

"Betul, besok pagi akan dilakulan sertijab untuk Kapolda Papua dan Kapolda Papua Barat," ujar Suharsono, saat dikonfirmasi, Kamis (30/7).

Dalam surat telegram tersebut disebutkan, mutasi bukan karena insiden kerusuhan di Tolikara. Akan tetapi karena akan memasuki masa pensiun.

Belum lama ini, wilayah Papua menjadi perhatian publik setalah terjadinya insiden kerusuhan pada hari raya idul fitri di Tolikara. Kerusuhan tersebut mengakibatkan kios dan masjid terbakar saat umat Islam melaksanakan shalat ied.

Selain itu, Yotje sendiri juga sedang mengikuti proses seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yotjr lolos tahap kedua seleksi Capim KPK.[Republika]
Komentar

Tampilkan

Terkini