-->








Lima Sosok "Robin Hood" di Dunia Nyata yang Dipuja Bak Pahlawan

23 Juli, 2015, 00.11 WIB Last Updated 2015-07-22T17:28:11Z
Kisah Robin Hood, si pencuri berhati emas merupakan salah satu legenda paling banyak diceritakan hingga saat ini. Bahkan di negara kita pun punya legenda Robin Hood sendiri, yaitu Si Pitung dari Betawi.

Terlepas dari spekulasi mengenai kebenaran dua cerita tersebut, pada kenyataannya di dunia ini ada beberapa orang yang menjalani hidup bak Robin Hood. Mereka mencuri dari kaum berada dan membagi-bagikannya untuk orang miskin.

Berikut ini terangkum ke lima sosok bak "Robin Hood" tersebut, yaitu :

1. Leonarda Emilia
Leonarda Emilia adalah bandit terkenal asal Meksiko yang dijuluki La Carambada. Berdandan layaknya laki-laki, perempuan ini merampok orang-orang kaya dan memberikan hasil rampokannya untuk orang-orang yang tidak mampu.

Konon, Emilia punya dendam pribadi kepada Pemerintah Meksiko karena mengeksekusi kekasihnya, seorang tentara Prancis. Sejak itu dia berusaha membalas dendam dengan cara mencuri.

Perempuan ini punya cara unik untuk meloloskan diri setelah mencuri. Dia sengaja melorotkan baju, mempertontonkan payudara untuk membuat korbannya malu dan terkejut. Sehingga mereka kehilangan akal sehat sesaat dan tak bisa mengejar Emilia.

Petualangan Emilia sebagai bandit wanita berakhir di ujung senjata polisi Meksiko. Dia ditembak mati saat tengah beraksi.

2. Dr. Ozel Clifford Brazil
Dr. Ozel Clifford Brazil merupakan pendeta sekaligus pegawai sekolah yang dihormati di Los Angeles. Pria ini telah berjasa memberikan beasiswa pendidikan bagi banyak anak tak mampu di LA. Namun hal ini dilakukannya lewat pemalsuan.

Brazil memalsukan surat keterangan agar anak-anak tak mampu di lingkungannya bisa mendapatkan bantuan finansial pendidikan.

"Bisa mengantar sebanyak mungkin murid dari jalanan ke masuk ke perguruan tinggi sudah menjadi misinya," tutur Robyn Price Pierre, salah satu muridnya.

Meskipun berniat baik, namun perbuatan Brazil tetap dianggap sebagai tindakan kriminal di mata hukum. Pada tahun 2003 dia divonis hukuman penjara selama 6 bulan dan dikenakan denda sebanyak $ 716.000.

3. Salvatore Giuliano
Pria dengan julukan Robin Hood Sisilia ini dikenal sebagai kriminal karismatik berkat wajahnya yang tampan dan tekadnya untuk membela rakyat kecil.

Salah satu penjahat paling terkenal di Italia ini punya 600 pengikut dengan misi melucuti harta kaum borjuis dan memberikannya kepada orang miskin. Mereka sudah melukai 100 polisi dan mencuri jutaan dollar.

Pria yang menyatakan diri sebagai musuh negara ini ditangkap pada tahun 1949 dan dihukum mati setahun kemudian.

4. Juan Manuel Sanchez Gordillo
Juan Manuel Sanchez Gordillo adalah Walikota di Marinaleda, Spanyol. Pada bulan Agustus 2012, dia mengajak sejumlah aktivis untuk menjarah dua supermarket lokal.

Aksi ini merupakan bentuk protes atas tingkat pengangguran di Spanyol yang tinggi. Aksi itu berujung penangkapan sejumlah aktivis buruh. Sementara Gordillo sendiri tak ditangkap karena imunitasnya sebagai pejabat negara.

5. Santos Malandros
Santos Malandros adalah nama kelompok bandit yang terkenal di Venezuela pda tahun 60-an hingga 80-an. Pemimpin kelompok ini adalah seorang pria bernama Ismael Sanchez yang dijuluki Robin Hood Venezuela.

Sanzhez dan gengnya biasa merampok truck yang membawa persediaan makanan dan membagikan hasil jarahannya kepada warga lokal. Petualangan grup kriminal itu berakhir ketika Sanchez ditembak mati oleh polisi.

Sampai sekarang mereka dianggap sebagai santo oleh penduduk lokal dan dibuatkan altar khusus di pemakaman Cementerio General del Sur.

Itulah beberapa sosok yang dikenal sebagai Robin di dunia nyata.[Merdeka]
Komentar

Tampilkan

Terkini