-->








Unik, Pisang Ini Bertandan Sepanjang 2,5 Meter

21 Juli, 2015, 00.19 WIB Last Updated 2015-07-21T02:22:25Z
Herrizal saat berada di lokasi pisang unik
BIREUEN - Pisang yang tergolong unik milik pasangan Jubir (37) dan Yanti (32) ini menghebohkan warga Gampong Uteun Bunta, Kec. Jeuli, Kab. Bireun. Pasalnya, buah pisang ini tidak seperti tanaman pisang biasanya yang hanya berbuah puluhan sisir namun tanaman ini buahnya mencapai ratusan.

Bahkan buahnya penuh, tandan buahnya mencapai 2,5 meter dan jantung pisangnya sudah menyentuh tanah. Tanahnya pun harus digali karena jantung pisangnya juga terus bertambah.

Tanaman pisang yang ditanam di halaman rumah ini juga subur, daunnya hijau, buahnya juga masih berwarna hijau. Disekitar tanaman yang berbuah juga tumbuh tunas baru.

"Buahnya banyak banget, aneh, unik," kata salah satu pengunjung Herrizal (25), kepada lintasatjeh.com melalui kontak blackberry, Senin (20/7/2015).

Masih kata dia, jantung pisangnya saja sampai menyentuh tanah bahkan harus dikasih lobang biar tidak patah.

"Tanahnya digali, karena jantung pisangnya sudah menyentuh tanah. Mungkin itu bisa bertambah lagi buahnya," demikian ujar Herrizal.

"Kebetulan saya dengar kabar dari kawan, saya langsung kesini sekalian foto-foto. Jarang ada buah pisang macam ini, unik," pungkasnya.
 
Sementara itu, M. Ridhuan warga Matang Geulumpang Dua juga sempat heran dengan tanaman pisang yang berbuah unik tersebut.

"Mantap pisangnya, dulu di gampong saya juga pernah ada pisang seperti itu. Tapi, jenisnya saja yang mungkin berbeda. Kalau ini mungkin karena bibitnya," terangnya.

Sedangkan Jubir sang pemilik pisang, mengatakan kalau bibit tanaman pisang itu dibawa dari Malasyia.

"Pisang ini jenis pisang 'BUNGA'. Dulu bibitnya dibawa dari Malaysia," kata Jubir singkat.

"Bibit pisang seperti ini langka, mungkin di Aceh hanya saya saja yang punya," tutupnya.[ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini