-->




Alergi pada Anak Bisa Dicegah dengan Cara Ini

08 Agustus, 2015, 20.16 WIB Last Updated 2015-08-08T13:16:56Z
JAKARTA - Alergi tak hanya diidap oleh orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak. Alergi yang dialami anak-anak usia dini bisa menganggu tumbuh kembang dan memicu beragam penyakit di kemudian hari.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena alergi bisa dicegah. Menurut Konsultan Ahli Alergi Imunologi RSCM, Dr dr Zakiudin Munasir, SpA(K), alergi pada anak bisa dicegah dengan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, ASI dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga terhindar dari beragam risiko penyakit termasuk alergi.

"Pencegahan efektif ya memberi ASI eksklusif," kata dokter Zaki pada acara bertajuk Nutritalk "Allergy during Childhood: How to Overcome Long-term Health Consequence" di Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Selain itu, dokter Zaki juga mengingatkan kepada bumil (ibu hamil) untuk menghindari paparan asap rokok. Pasalnya, berbagai penelitian menyebut bahwa kandungan pada asap rokok bisa memicu alergi pada janin yang terpapar asap rokok.

"Bayi yang orangtuanya merokok, baik ibu atau ayah berisiko besar mengidap alergi ketika lahir. Jadi rokok ini bahaya sekali," imbuhnya.

Dokter Zaki juga menyebut bahwa alergi harus dikenali sejak dini meski biasanya akan mereda ketika anak berusia satu tahun dan hilang ketika anak berusia tiga tahun. Namun, tak sedikit pula yang alergi yang kambuh saat dewasa seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang.

"Kalau anak punya keluhan tertentu yang nggak sembuh-sembuh walau sudah diobati bisa jadi itu karena alergi. Sebaiknya segera diperiksakan dengan tes laboratorium agar tahu detilnya anak alergi apa dan bisa segera ditangani," pungkasnya.[Suara]
Komentar

Tampilkan

Terkini