-->








Dilanda Banjir, Yayasan Geutanyoe Kirim Tim Kemanusiaan ke Myanmar

03 Agustus, 2015, 21.44 WIB Last Updated 2015-08-03T14:45:21Z
Migran Rohingya di Aceh Utara
LANGSA - Bencana alam hujan disertai badai telah mengakibatkan longsor dan banjir bandang di Myanmar yang melanda 4 wilayah, yakni Chin, Magwe, Sagaing dan Rakhine di tambah dengan adanya siklon Komen.

Presiden Myanmar Thein Sein juga telah mengeluarkan keadaan Darurat Banjir untuk wilayah ini, banjir juga telah menghancurkan setidaknya 200.000 hektar tanaman padi dan dan menewaskan 27 orang dan memaksa lebih dari 156 ribu orang mengungsi.

Yayasan Geutanyoe mengirim tim kemanusiaan ke Myanmar dalam rangka membantu korban bencana alam banjir yang terjadi pada hari sabtu, tanggal 1/8/2015, yang telah menelan korban jiwa, harta dan arus pengungsi 156 ribu orang. Untuk tahap awal Yayasan Geutanyoe mengirimkan tiga orang tim emergency yang bekerjasama dengan LSM local di negara tersebut dalam rangka melakukan assesment kebutuhan logistic baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Akibat badai dan banjir bandang hidup para pengungsi Muslim rohingya di Myanmar semakin mengenaskan karena 150 tenda pengungsian di Rakhine tersapu banjir disertai badai, hal ini tidak ada tempat untuk penampungan pengungsi, di tambah lagi dengan terputusnya beberapa jalan darat yang mengakibatkan proses evakuasi dan distribusi bahan bantuan menjadi terhambat.

Apalagi, kata Koordinator Humanytarian Yayasan Geutanyoe Nasruddin, bahwa kita ketahui bencana yang menimpa di Myanmar adalah bencana Nasional yang terjadi di Negara tersebut, tragisnya negara tersebut hanya memiliki infrastruktur dasar dan fasilitas medis yang tidak siap menghadapi bencana seperti yang terjadi Topan Nargis yang menghancurkan Delta Irrawatty pada tahun 2008 yang lalu yang menewaskan 130 ribu orang.

Menurut informasi yang diterima Yayasan saat ini mereka sangat membutuhkan pakaian, selimut, air bersih, bahan makanan dan tenda untuk perlidungan anak dan perempuan yang sangat di butuhkan. Yayasan Geutanyoe juga menerima bantuan dari masyarakat yang ingin menyumbang dana untuk bencana Myanamar dapat mengirimkan ke nomor Rekening Bank BNI 371643743 atas nama Yayasan Geutanyoe.[rls/ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini