-->








JK tak Hormat Saat Pengibaran Bendera

17 Agustus, 2015, 15.39 WIB Last Updated 2015-08-17T08:39:31Z
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapat sejumlah komentar miring lantaran tidak melakukan sikap hormat saat pengibaran bendera Merah Putih dalam perayaan hari Kemerdekaan ke-70 bangsa Indonesia di Istana Merdeka. Namun, sikap JK inipun ternyata sesuai dengan aturan.

Juru Bicara Wakil Presiden JK, Hussain Abdullah mengatakan sikap Jusuf Kalla tersebut juga sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) 40/1958 tentang Bendera Kebangsaan RI. Pada Pasal 20, disebutkan, pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai.

Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu. Mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban dan kudung atau topi-wanita yang dipakai menurut agama atau adat-kebiasaan.

Lebih lanjut, ia mengatakan Wapres JK melakukan sikap hormat dengan sikap sempurnanya. Sikap ini juga pernah dilakukan oleh Wakil Presiden Pertama RI Mohammad Hatta atau Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno.

"Jadi sikap sempurna yang dilakukan oleh Pak JK adalah sikap hormat. Persis dengan sikap hormat Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno," kata Hussain, Senin (17/8).

Hussain pun meminta agar masyarakat tidak meragukan rasa nasionalisme JK. Sebab, kata dia, Wapres JK selama ini tidak hanya berbicara namun juga beraksi membangun bangsa. Menurut Hussain, pada saat bertindak sebagai Instruktur Upacara pun, JK juga melakukan sikap hormat, seperti saat menjadi instruktur upacara Hari Pahlawan 10 Nopember 2014.

"Jangan pernah ragukan nasionalisme Pak JK. Pak JK tidak hanya bicara tapi berbuat bersama komponen bangsa lainnya mengawal NKRI," tambah dia.

Saat upacara peringatan hari Kemerdekaan ke-70 di Istana Merdeka, tampak Presiden Joko Widodo dan Kalla berdiri berdampingan. Saat itu Jokowi mengangkat tangannya untuk melakukan penghormatan kepada bendera.  Namun, tidak demikan dengan Kalla. JK hanya menyanyikan lagu Indonesia Raya tanpa melakukan hormat kepada bendera.[Republika]
Komentar

Tampilkan

Terkini