-->








Mengapa Menteri Rini Tidak Diganti?

13 Agustus, 2015, 21.50 WIB Last Updated 2015-08-13T14:50:55Z
JAKARTA - Acak ulang alias reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo secara mendadak, kemarin menyisakan banyak keanehan. Salah satunya adalah keputusan presiden mempertahankan Menteri BUMN, Rini Soemarno dan mendepak Menko Polhukam, Tedjo Edhy Purdijatno.

"Padahal, desakan dari pelbagai kelompok yang menuntut Rini Soemarno agar lengser dari jabatannya sangat kuat," terang pengamat dari Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo dalam perbincangan dengan redaksi, Kamis (13/8) malam.

Hemat dia, rekaman bernada penghinaan terhadap presiden Jokowi yang diduga pernyataan Rini Soemarno seharusnya bisa jadi masukan untuk mendepaknya dari Kabinet Kerja.

"Mengapa menteri BUMN Rini Soemarno tidak diganti. Ada apa dibalik itu?" kata Karyono.

Dia menambahkan, hal itu semakin membuktikan bahwa posisi Rini cukup kuat. Background Rini yang motabenenya pengusaha mungkin masih dibutuhkan di pemerintahan.

"Apalagi, Rini memiliki peran penting dibalik kemenangan Jokowi, khususnya menggalang kalangan pengusaha nasional maupun asing. Hal inilah menurut saya yang membuat posisi Jokowi dilematis tatkala harus mengganti Rini," tandas Karyono.[rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini