-->




Mundur dari Polisi, Brigadir Maman Maju sebagai Wawali Dumai

06 Agustus, 2015, 17.24 WIB Last Updated 2015-08-06T10:25:01Z
RIAU - Seorang anggota polisi Brigadir Maman Syafriadi bakal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Dumai, Propinsi Riau. Untuk memenuhi persyaratan, Maman mengajukan surat pengunduran diri ke komandannya, Kapolres Rokan Hilir AKBP Subiantoro Sik.

"Tadi baru saya terima surat pengunduran diri atas nama Brigadir Maman Syafriadi, dan sudah saya tanda tangani untuk diserahkan ke Polda Riau," ujar AKBP Subiantoro saat dihubungi merdeka.com Rabu (5/8) melalui selulernya.

Maman Syafriadi merupakan anggota polisi yang bertugas di jajaran Polres Rokan Hilir (Rohil).Dia bakal maju sebagai calon Wakil Wali kota Dumai mendampingi bakal calon Wali kota Dumai Agus Widayat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

"Suratnya kita serahkan ke Biro Sumber daya manusia (SDM) untuk di proses," jelas Subiantoro.

Sesuai dengan ketentuan, kata Subiantoro, setiap anggota Polri yang ikut berpolitik diwajibkan mundur dari kesatuannya.

"Sebab surat pernyataan telah berhenti dari kepolisian merupakan salah satu syarat yang diwajibkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Surat ini harus disertakan sewaktu mendaftar. Ini menjadi syarat yang tak bisa ditinggalkan," jelas Subiantoro.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menjelaskan, meski ada anggota polisi yang bakal maju di Pilkada, pihaknya tetap bersikap netral di Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Wali kota Dumai itu.

"Polisi itu bertugas mengamankan jalannya Pilkada agar kondusif dan tak mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat. Polri tak dibenarkan mendukung salah satu calon," tegas Guntur.

Informasi yang diperoleh Guntur, Maman merupakan bintara Polri yang bertugas di salah satu Polsek yang berada di Kabupaten Rohil dari golongan bintara. Sebelumnya, Maman mendapat rekomendasi dari Ketua PDIP Megawati Soekarno Putri untuk mendampingi Agus Widayat maju di Pilkada Dumai. Agus saat ini menjabat sebagai Wakil Wali kota Dumai.[Merdeka]
Komentar

Tampilkan

Terkini