-->








Sponsori Pengibaran Merah Putih Raksasa di Gunung Halimon, Zakaria Saman Dikecam

12 Agustus, 2015, 21.51 WIB Last Updated 2015-08-12T14:52:47Z
BANDA ACEH - Reaksi beragam muncul dari berbagai elemen Aceh terkait adanya rencana Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) GAM, Zakaria Saman yang mensponsori pengibaran Bendera Merah Putih raksasa di Gunung Halimon pada tanggal 17 Agustus 2015 mendatang saat puncak Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-70.

Menurut eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), rencana tersebut justru akan menciderai sejarah Aceh bahkan akan menimbulkan ketidakharmonisan diantara sesama mantan kombatan GAM.

"Kami sangat tidak setuju rencana itu karena dapat memicu sentimen baru, bahkan dapat membangkitkan konflik baru," demikian dikatakan Ketua Organisasi Achehnese Australia Association, Tgk. Sufaini Syekhy, kepada lintasatjeh.com, Rabu (12/8/2015).

Dirinya, tambah Syekhy, tidak menginginkan hal-hal yang dapat mengganggu perdamaian. Dirinya pun juga tidak bermaksud melarang Bendera Merah Putih dikibarkan, tapi yang disesalkan kenapa harus dikibarkan di sana. Karena gunung Halimun menurutnya sebuah tempat lahirnya sejarah perjuangan para mantan Tentara Negara Aceh (TNA), dan di situlah sumber perlawanan yang dideklarasikan oleh Almarhum Wali Dr. Tgk. Hasan Tiro.

"Gunung Halimon menjadi bukti sejarah Aceh. Jadi kita harapkan mantan Menhan GAM bisa mempertimbangkan segala hal dengan kepala jernih," tutup Syekhy.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini