-->








Mengenaskan! Yongki Mati dengan Gading Tercabut

22 September, 2015, 09.59 WIB Last Updated 2015-09-22T06:10:15Z
AFP
LAMPUNG - Kematian gajah Sumatra yang sering diajak berpatroli menjaga hutan dengan gading yang diambil memicu kemarahan di media sosial.

Gajah jinak yang dinamakan Yongki ditemukan mati di kamp dekat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung, dengan gadingnya sepanjang satu meter dicabut.

Saat ditemukan, kaki Yongki masih dirantai yang memang dipasang petugas agar ia tidak pergi jauh dari kamp itu. Namun, gadingnya telah hilang.

Ungkapan duka dan kemarahan atas kematian Yongki disinggung lebih dari 1.500 kali sampai Senin, 21 September, di Twitter dengan tagar termasuk #RIPYongki, #NasibGajah dan #Elephant.

Akun atas nama Directory of Lampung @BandarLampung menulis, “Kematian Yongki (35) gajah jinak di Pos Pemerihan TNBBS sangat melukai, hanya utk mencuri gadingnya.”

Kematian gajah akibat perburuan gading ini meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menurut organisasi lingkungan World Wide Fund (WWF).

Sejumlah organisasi melakukan berbagai upaya untuk menekan perburuan binatang yang dilindungi dan binatang liar termasuk dengan pendekatan agama.[Okezone]
Komentar

Tampilkan

Terkini