-->








PMI Hadir untuk Meringankan Penderitaan Masyarakat

17 September, 2015, 14.39 WIB Last Updated 2015-09-17T07:39:37Z
LHOKSUKON - Puncak acara apel besar Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara berlangsung khidmat di lapangan serbaguna Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis (17/9/2015).

Amanat bupati yang dibacakan Sekda Aceh Utara, Drs. Isa Anshari, mengatakan, bahwa tujuh puluh tahun sudah PMI mengabdikan dirinya kepada masyarakat di tanah air.

"Angka 70 tahun merupakan usia yang matang bagi PMI dalam menghadapi berbagai peristiwa, mulai bencana, konflik, sampai masalah sosial di Indonesia," ucap Sekda.

Menurutnya, berbagai kegiatan kemanusiaan dilakukan PMI untuk meringankan penderitaan masyarakat baik dalam merespon bencana maupun upaya-upaya pengurangan risiko bencana.

"Serta pemberdayaan masyarakat, diantaranya melalui upaya meningkatan penyediaan stok darah, mendorong kegiatan terpadu dengan melibatkan masyarakat mengurangi resiko bencana, melakukan gerakan kebersihan lingkungan," ucapnya lagi.

Ia menjelaskan, sebagai organisasi kemanusiaan yang ada di bumi nusantara, PMI lahir hanya selisih satu bulan setelah kemerdekaan RI.

Oleh karena itu semangat kemerdekaan senantiasa mewarnai semangat pelayanan kemanusiaan PMI kepada masyarakat yang tentunya akan terus berkembang sesuai dengan kapasitas PMI dan kebutuhan kekinian dalam masyarakat.

"PMI harus terus berupaya meningkatkan sumber daya baik dari segi manusia dengan pengembangan kapasitas personil melalui pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang pada akhirnya dapat meningkat motivasi kerja personel," pungkas Sekda.

Seiring dengan itu, tambahnya, keberadaan PMI ditengah-tengah masyarakat tentulah masih sangat dibutuhkan khususnya di Aceh Utara terutama dalam melakukan tugas-tugas kemanusiaan, baik sebelum bencana terjadi saat bencana maupun setelah bencana.

"Tidak hanya masyarakat saja yang masih membutuhkan keberadaan PMI, namun atas nama Pemerintah, kami juga menyadari sepenuhnya bahwa keberadaan PMI itu masih sangat dibutuhkan dalam membantu tugas-tugas Pemerintah," tutur Sekda.[chairul]
Komentar

Tampilkan

Terkini