-->

Terkait Aliran Dana Bansos, LIRA Desak Kejati Aceh Untuk Menjerat Bupati Galus

27 Juli, 2016, 19.16 WIB Last Updated 2016-07-27T12:16:36Z
GAYO LUES - Sekda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Gayo Lues, Fajriansyah mendesak pihak Kejaksaan Tinggi Aceh untuk segera menetapkan status Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim sebagai tersangka.

Desakan itu muncul karena Ibnu Hasyim yang merupakan mantan Kabag Keuangan Sekdakab Aceh Tenggara itu dinilai turut menerima aliran dana dalam kasus Bansos Aceh Tenggara tahun 2004-2006 silam.

Menurut Fajri, dugaan keterlibatan Ibnu Hasyim itu diperkuat dari fakta persidangan di Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Kala itu, Ibnu Hasyim saat diperiksa sebagai saksi mengaku menerima aliran dana Bansos yang bersumber dari "Uang Rakyat" Aceh Tenggara tahun 2004-2006 itu.

Meski Ibnu Hasyim mengaku telah mengembalikan "Uang Rakyat" tersebut ke negara, lanjut Fajri, proses hukum harus tetap dijalankan. Sebab, mantan Bupati Aceh Tenggara, Armen Desky dan mantan Sekda Aceh Tenggara, Martin Desky, yang juga terlibat telah menjalani hukumannya, bahkan kini sudah menghirup udara bebas.

"Kalaupun Ibnu Hasyim merasa tidak bersalah, dan mengakui dalam persidangan menerima aliran dana Bansos itu telah dikembalikan ke negara, pertanyaannya, kenapa dana tersebut dikembalikan ? Berati ada kerugian negara makanya harus dikembalikan," tegas Fajri.

"Apakah menyangkut kerugian negara tidak ada unsur Tindak Pidana Korupsi? Apa bedanya dengan tindak pidana lainnya? Sama-sama merugikan negara. Kita minta Kejati Aceh jangan ada pandang bulu dalam pemberantasan korupsi," ujar Fajri.

Kasus Tindak Pidana Korupsi Bansos Aceh Tenggara tersebut awalnya menjerat mantan Bupati Aceh Tenggara Armen Desky. Kasus tersebut disidik KPK pada 2009. Armen Desky sendiri divonis 4 tahun penjara dan denda Rp.200 juta oleh Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Selain Armen Desky, lanjut Fajri, mantan Sekda Aceh Tenggara Martin Desky juga divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Banda Aceh dalam kasus yang sama.

Hingga berita ini diterbitkan, Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim belum berhasil dikonfirmasi.[SAS]
Komentar

Tampilkan

Terkini