-->

Air Limbah PT. Pertamina Hulu Energi Cemari Sungai Alue Masyik

05 Agustus, 2016, 14.49 WIB Last Updated 2016-08-05T07:51:04Z
ACEH UTARA - PT. Pertamina Hulu Energi (PHE NSB) kembali melakukan dugaan pencemaran lingkungan ke pemukiman penduduk yang berada di Areal Cluster II, Gampong Nibong Baroh, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara.


Perusahaan kilang minyak raksasa tersebut yang bergandengan dengan pemukiman penduduk. Adapun limbah yang ditimbulkan itu berupa air limbah yang berwarna hitam yang mengalir ke saluran irigasi dan ke pemukiman penduduk yang berada di daerah itu.

Salah seorang tokoh masyarakat Gampong Nibong Baroh Zainal Abidin, kepada wartawan menjelaskan bahwa air limbah buangan perusahaan itu membuat sejumlah ikan mati di sepanjang saluran irigasi tersebut serta menimbulkan bau yang sangat menyengatkan membuat dada sesak dan gatal-gatal.

"Jangankan ikan, manusia saja pusing kalau mencium bau tersebut", ujarnya.

Pasalnya, dari Jumat yang lalu sampai pagi tadi masyarakat melihat air yang berada di saluran irigasi yang bermuara ke Sungai Alue Masyik berubah menjadi hitam pekat, berminyak dan bau yang sangat menyengat hingga menyesakkan dada.

Akibat terjadinya pencemaran lingkungan tersebut, Zainal menjelaskan bahwa saat ini masyarakat sangat resah atas kejadian itu, karena air limbah tersebut pasti akan mengaliri sawah. Ya syukur-syukur warga di beberapa desa di seputaran aliran irigasi tersebut sudah panen, jika belum panen maka bisa menyebabkan tanaman padi warga mati.

Warga lainnya, Raja Safriadi juga menyampaikan perihal yang sama bahwa warga Nibong yang tinggal di Ring I Pertamina Hulu Energi (PHE NSB), lingkungannya dicemari oleh air buangan perusahaan tersebut pada Jumat yang lalu. Persoalan pencemaran lingkungan yang dilakukan Pertamina bukan yang pertama kali. Tapi, tindakan tegas dari pemerintah juga tidak ada.

“Kami meminta kepada perusahaan PT.Pertamina Hulu Energi (PHE NSB) agar lebih peduli akan kebersihan lingkungannya terutama pada sepanjang lingkungan perusahaan. untuk mencegah banjir, dan juga menjaga kesehatan,” .

Sementara Humas PT.Pertamina Hulu Energi (PHE NSB), Armia Ramli ketika dikonfirmasi via selulernya, akan melakukan crosscek ke lapangan.[Rjl]
Komentar

Tampilkan

Terkini