-->

Gema Buku Bacaan Berjenjang Sambut Persiapan GIM di Aceh Utara

26 Agustus, 2016, 00.11 WIB Last Updated 2016-08-25T17:12:29Z
ACEH UTARAJelang pelaksanaan GIM atau Gerakan Indonesia Membaca di Aceh Utara yang akan diselenggarakan pekan depan semakin terlihat, banyak persiapan-persiapan yang dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Aceh Utara dalam minggu ini. Salah satu bentuk kegiatan yang selama ini sedang digalakkan di setiap sekolah yakni terbentuknya budaya baca maupun literasi sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora Aceh Utara), Saifullah, M.Pd, mengatakan bahwa pihak Disdikpora pada awal tahun 2016 sudah mengeluarkan surat edaran kepada semua sekolah di wilayah kabupaten setempat agar segera melaksanakan budaya baca di setiap sekolah masing-masing.

Hal itu disampaikan Kadis Dikpora Aceh Utara pada sambutan pembukaan pelatihan Buku Bacaan Berjenjang (B3) di Gugus 3 SDN 16 Lhoksukon Aceh Utara, Rabu (25/8/2016).

Dikatakannya, pelatihan buku yang diasistensi oleh USAID Prioritas dalam minggu ini sudah berlangsung di beberapa gugus, itu sangat mendukung program budaya baca yang sedang kita galakkan.

Di tempat terpisah, Kabid Dikdas Disdikpora Aceh Utara, Mawardi, S.Pd, mengatakan pada hari yang sama juga sedang berlangsungnya pelatihan penggunaan Buku Bacaan Berjenjang bantuan USAID Prioritas untuk guru kelas awal di gugus 1 SDN 8 Muara Batu yang diikuti oleh 50 peserta dari 13 sekolah di wilayah UPTD PK Samudera.

Mawardi juga berharap kepada peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin dan beliau meng apresiasi kinerja tim USAID Prioritas yang sudah sangat banyak membantu tata layanan pendidikan di Aceh utara selama ini dan itu sangat bermanfaat.

“Disamping pelatihan yang jarang seperti ini dan juga kesempatan bagi kita untuk penguatan diri dalam mengelola siswa kelas rendah agar mereka lebih cepat mampu membaca, ujarnya.

Masih kata dia, pelatihan yang berlangsung di beberapa tempat itu akan berjalan selama tiga hari. Peserta dilatih oleh fasilitator daerah dari unsur Disdikpora yang sudah sebelumnya dilatih oleh USAID Prioritas tentang penggunaan buku bacaan berjenjang.

“Kepada semua sekolah yang ada di Aceh Utara untuk mengaktifkan budaya baca dengan terbentuknya pojok-pojok baca atau gerobak baca yang disediakan di sekolah untuk menarik minat para siswa, tutup Mawardi.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini