-->

Kadis Pendidikan Aceh Tamiang Ungkap Pentingnya Membaca di Kelas Awal

26 Agustus, 2016, 23.28 WIB Last Updated 2016-08-26T16:29:07Z
ACEH TAMIANG - Kemampuan membaca merupakan ketrampilan hidup yang penting untuk menjamin keberhasilan setiap orang. Agar terampil dalam membaca, siswa perlu diberi banyak kesempatan untuk membaca buku yang relevan dalam hal isi maupun tingkat kemampuan membacanya.

Pentingnya membaca di kelas awal mendapat perhatian khusus dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Ikhwanuddin yang secara mendadak melakukan blusukan ke Pelatihan Buku Bacaan Berjenjang (B3) untuk guru kelas awal SD/MI di Gugus III Simpang Kiri, Kamis (25/8/2016) kemarin.

Lebih lanjut, Ikhwannuddin mengatakan kepada para guru yang menjadi peserta pelatihan tentang tuntutan dunia pendidikan terhadap seorang guru. “Seorang guru itu harus mempunyai tiga karakter dasar agar benar-benar dinyatakan sebagai guru yang professional, pertama guru harus menjiwai keinginan yang tidak pernah berhenti belajar untuk meningkatkan kompetensi. Contohnya terus mengikuti semua pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi,” kata Ikhwanuddin.

“Kedua, guru yang professional harus mempunyai tanggung jawab sosial terhadap peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan merupakan tanggung jawab sosial bagi seorang guru, tidak pernah berhenti dalam meningkatkan mutu pendidikan. Seorang guru harus mempunyai jiwa merasa bersalah jika mutu pendidikan di sekolahnya tidak meningkat. Dan ketiga, seorang guru juga harus mempunyai panggilan jiwa untuk saling berbagi diantara sesama guru,” jelasnya.

Sementara itu, Program Asisten USAID Prioritas Aceh Tamiang, Chairul Musca mengatakan pelatihan di gugus III Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun ini merupakan pelatihan gugus yang kelima program B3 untuk Kabupaten Aceh Tamiang.

“Program ini merupakan bentuk dukungan untuk kelas awal dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa disamping program lain yang sudah sebelumnya digulirkan,” kata Chairul.

Selama 3 hari, sambungnya, peserta mendalami materi Pelatihan B3 tentang membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca mandiri serta tehnik penggunaan instrumen pendukung lainnya, kemudian dilanjutkan praktek langsung di beberapa sekolah dengan didampingi oleh Fasda.

Di Aceh Tamiang, USAID Prioritas kembali akan menghibah Buku Bacaan Berjenjang kepada sekolah yang menjadi peserta pelatihan. Buku yang akan dihibahkan kali ini berjumlah 4.896 eksemplar dengan 75 judul buku untuk 9 SD/MI peserta pelatihan.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini