-->

Sekolah Dasar di Bireuen Aktifkan Pojok Baca

09 Agustus, 2016, 16.29 WIB Last Updated 2016-08-09T09:30:35Z
BIREUEN – Sebagai bentuk dukungan literasi sekolah, sejumlah Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen mulai mengaktifkan pojok baca untuk anak-anak sekolah supaya lebih giat membaca. Pojok baca dalam bentuk lemari buku itu terlihat di sudut-sudut luar ruangan sekolah yang menjadi daya tarik sendiri bagi siswa saat jam istrahat untuk mengisinya dengan membaca seperti di SDN 12 Simpang Mamplam Bireuen.

Kasie SD Bidang Dikdas Dinas P & K Bireuen, Surya harun, M. Pd, saat membuka acara lanjutan pelatihan Buku Bacaan berjenjang (B3), Selasa (9/8/2016), di gugus tiga Simpang Mamplam, mengatakan sudah ada surat edaran dari dinas untuk mengaktifkan budaya baca di setiap sekolah. Maka diharapkan dapat ditindaklanjutinya untuk membantu minat baca anak-anak apalagi sekolah yang mendapatkan bantuan buku dari USAID, sehingga harapan besar nantinya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh.

Kami berharap sekolah-sekolah yang mendapatkan stimulus dukungan literasi menjadi contoh bagi sekolah lainnya sebagai model budaya baca sekolah dengan mengaktifkat pojok baca, gerobak baca atau dalam bentuk yang dapat membuat anak-anak nyaman dan senang membaca,” pinta Kasie SD Dinas P&K Bireuen.

Ditempat yang sama, Jufri, S.Pd, selaku Ketua Gugus Tiga Kecamatan Simpang Maplam kepada wartawan mengatakan, pelatihan B3 selama tiga hari kedepan yang di inisiasikan oleh USAID Prioritas akan membantu guru-guru kami nantinya dalam mengajar di kelas awal.

Disinggung tentang pojok baca, Kepala SDN 12 Simpang Mamplam ini menyebutkan sudah ada beberapa lemari di pojok-pojok sekolah yang berisi buku bacaan ringan dan nantinya akan ditambah lagi dengan buku bantuan USAID Prioritas. Disamping keterbatasan buku menjadi kendala ditambah lagi tingkat kesadaran lingkungan dalam menjaga asset-aset sekolah yang berada diluar ruangan.

Kami berharap kepada warga untuk mendukungnya, pojok baca atau gerobak baca diluar ruangan mari kita jaga bersama untuk anak-anak kita jangan sampai hilang dimalam hari,” tutup Jufri.[Rls]
Komentar

Tampilkan

Terkini