0 Daun Biak Menjadi Sumber Pendapatan Tambahan Bagi Warga Tamiang - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Daun Biak Menjadi Sumber Pendapatan Tambahan Bagi Warga Tamiang

Share it:


ACEH TAMIANG - Semenjak awal tahun 2016, daun biak (mitragyna speciosa korth) menjadi sumber pendapatan tambahan bagi sebagian warga yang berada di Kabupaten Aceh Tamiang dan sekitarnya, termasuk di Kabupaten Aceh Timur.

Seorang warga Kampung Marlempang, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang, Muhammad Nurdin, saat ditemui LintasAtjeh.com, Minggu (2/10/2016) di rumahnya menyampaikan, dirinya beserta warga lainnya kerab mencari daun biak yang pohonnya tumbuh liar di tempat lembab seperti di rawa-rawa ataupun pinggir alur.

"Harga daun biak, selesai dipetik dari pohonnya laku dijual pada pedagang pengumpul dengan harga. Rp.1.500-3.000/Kg. Tapi, kalau daunnya telah dijemur sampai kering serta hancur jika diremas harganya mencapai Rp.10.000-13.000/Kg," terang Nurdin.

Menurutnya, selama ini daun biak yang mereka kumpulkan dijual kepada salah seorang agen yang berdomisili di Kampung Padang Langgis, Kecamatan Seruway.

"Agen tersebut kabarnya menjual kembali daun biak tersebut kepada pihak penampung di Medan, Sumatera Utara, dengan harga berkisar Rp.24.000-25.000/Kg," demikian jelas Muhammad Nurdin.

Daun Biak (bahasa Inggeris: Kratom), ialah sejenis tumbuhan yang tergolong dalam famili Rubiaceae dan banyak terdapat di Afrika, dan juga Asia Tenggara, salah satunya di Propinsi Aceh. Menurut beberapa referensi dari para konsumsi daun biak, menjelaskan bahwa mutu daun biak asal Aceh lebih baik dibandingkan dengan daerah lainnya dan saat ini sudah dipasarkan ke berbagai negara, termasuk ke Eropa dan Amerika Serikat.

Sejak jaman Kerajaan Aceh dulu, masyarakat Aceh telah mengkonsumsi daun biak, baik sebagai obat tradisional, maupun dibuat menjadi teh dan diolah menjadi bubuk. Daun biak memiliki rasa pahit karena mengandung senyawa alkaloid. Daun yang dikenal di Aceh dengan sebutan 'on biek' tersebut memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, yakni sebagai obat sesak napas, sakit perut, serta memperlancar pencernaan. Namun, mengkonsumsi daun biak akan menyebabkan ketagihan karena mengandung zat mitraginin.[Zf]
Share it:

health

Post A Comment: