-->

Tertangkap Petugas Keamanan, Lima Napi Rutan Idi Gagal Kabur

20 Maret, 2017, 22.56 WIB Last Updated 2017-03-22T14:33:20Z
IST
ACEH TIMUR - Lima narapidana (napi) penghuni rumah tahanan (Rutan) Idi, Kabupaten Aceh Timur yang akan berusaha kabur dari dalam rutan, Senin (20/3/2017) sekitar pukul 13.15 WIB, berhasil digagalkan oleh petugas keamanan rutan yang dibantu oleh masyarakat.

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, kelima napi yang berusaha kabur tersebut, yakni M. Jafar bin Abdul Wahab (32), warga Desa Seunebok Tunong, Kecamatan Idi Rayeuk, kasus narkotika, pidana 7,3 tahun. Marsudin bin M Nuh (29), warga Desa Bintah, Kecamatan Madat, kasus narkotika, pidana 5 tahun.

Selain itu, Ridwan Abu Bakar bin Abu Bala (41), warga Desa Blang Geulumpang, Kecamatan Idi Rayeuk, kasus pencabulan anak, pidana 8,6 tahun. Arif bin Abdullah Ahmad (18), warga Desa Saragala, Kecamatan Peunaron, kasus pencabulan anak, pidana 5,6 tahun. Dan Sopian Yacob bin Yacop (48), warga Desa Kedai Dua, Kecamatan Darul Ihsan, kasus narkotika, pidana 8,3 tahun.

Berdasarkan keterangan dari beberapa saksi mata di tempat kejadian perkara (TKP), kronologi kejadiannya, saat waktu isoma (istirahat, sholat dan makan siang), Ridwan Abu Bakar bin Abu Bala beserta empat napi lainnya berusaha kabur dari dalam rutan dengan cara memanjat tembok kamar 1 (satu) terus naik ke atap kantin, lalu menuju ke atap kantor. Namun satu napi belum berhasil naik ke atap

Dari lima napi yang berupaya kabur, dua diantaranya telah berhasil melompat ke halaman utama rutan, tapi saat hendak melompati pagar rutan dapat ditangkap oleh petugas keamanan rutan, bernama Idris Ab alias Nato. Sedangkan dua lagi masih di atas genteng, kemudian dibujuk turun oleh petugas. Sementara satu napi masih belum sempat naik ke atap rutan.

Kepala Rutan Idi, Irdiansyah Rana saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, membenarkan insiden tersebut. Dia menerangkan saat ini kelima narapidana yang dapat digagalkan saat ingin kabur tersebut telah diamankan ke dalam rutan untuk diperiksa lebih lanjut.[Tz/Zf]
Komentar

Tampilkan

Terkini