Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

HUT RI ke-73, Presiden Jokowi Berbusana Adat Aceh

Share it:
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan pakaian adat Aceh dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). Jokowi keluar dari Istana Merdeka menuju mimbar utama pukul 08.59 WIB.

Dia didampingi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan sang cucu Jan Ethes. Berbeda dengan Jokowi, Gibran dan Jan Ethes menggunakan beskap.

Jokowi mengatakan, baju adat Aceh yang dikenakannya dijahit sendiri. Tidak ada alasan khusus dalam pemilihan baju adat.

"Negara kita kan tradisinya banyak sekali, pakaian adat ada ratusan bahkan mungkin ribuan mungkin jadi banyak pilihan dan yang kita pilih ini," kata dia.

Ibu Negara Iriana tidak nampak mendampingi Jokowi. Namun, Jokowi memastikan Iriana akan hadir menggunakan baju adat Makassar.

"Makassar kalau enggak salah," tutur dia.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan istri, Mufidah Kalla hadir sesaat setelah Jokowi menuju mimbar utama. JK dan Mufidah mengenakan baju adat Bugis.

10 Menit kemudian Presiden ke 3 RI, Bachruddin Jusuf Habibie tiba di Istana Merdeka. Dia menggunakan baju adat Bali. Ada juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan istri. Keduanya menggunakan baju adat Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga lain turut hadir dalam Peringatan HUT ke 73 RI ini. Mereka masing-masing menggunakan baju adat dari pelbagai daerah di Nusantara.

Wiranto Hingga Airlangga Tampil Kenakan Baju Adat Daerah

Sejumlah menteri Kabinet Kerja mulai berdatangan di halaman Istana Merdeka, Jakarta untuk mengkuti upacara HUT Kemerdekaan ke-73. Mereka kompak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Satu di antaranya adalah Menko Polhukam Wiranto. Ia mengenakan pakaian adat dari Manado, Sulawesi Utara.

Kemudian terlihat juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Ia dan istrinya kompak berpakaian adat Jawa berwarna putih lengkap dengan blankon.

Selain Airlangga dan Wiranto, terlihat juga Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang turut mengenakan pakaian adat. Ia memilih mengenakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur (NTT) lengkap dengan topinya.[Liputan6]
Share it:

varia

Post A Comment: