Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Wajah 'Baru' PLN Tapaktuan, Bergambar Mural Legenda Kota Naga

Share it:
ACEH SELATAN - Ada yang berbeda di dinding Kantor PLN Cabang Tapaktuan, Jl. Letjend S Parman Jambo Apha Tapaktuan, Aceh Selatan. Pasalnya, tembok dinding yang biasanya polos hanya bercat putih namun kali ini terlihat penuh warna dan lebih menarik karena terdapat lukisan mural bermotif 'Naga'.

Lukisan mural yang belum begitu familiar di Aceh Selatan ini, ternyata berkat sentuhan tangan-tangan dingin anggota Komunitas Regional doodleart aceh selatan. Komunitas ini sendiri berdiri dari bagian 'doodleartindonesia' dan 'doodleart aceh' yang ada di Banda Aceh.

Ketua sekaligus Pendiri Komunitas Regional doodleart aceh selatan, Hernisa saat dihubungi LintasAtjeh.com, Kamis (16/08/2018), mengatakan lukisan mural ini asli hasil karya anak-anak Tapaktuan.

"Komunitas daa aceh selatan beranggotakan 15 orang, namun yang ikut melukis 8 orang, yang dari Tapaktuan. Untuk yang berasal dari Samadua, Sawang dan Labuhanhaji tidak terlibat melukis. Kita pilih spot di PLN, kebetulan bapak manager juga suka dengan seni dan ingin membuat perubahan yang agak menarik di PLN," ungkap Hernisa.

Hernisa mengungkapkan, untuk waktu pengerjaan sekitar 4-5 hari. Adapun tema lukisan mural yang digarap yakni Naga khas Tapaktuan yang terkenal dengan legenda Naga dan Tuan Tapa.

"Semoga ini menjadi oase bagi para kawula muda Aceh Selatan untuk ikut mengembangkan seni melukis mural," kata dia.

Karena, menurut Hernisa, hampir sebagian dari anggota komunitas yang mempunyai bakat namun kurang diperhatikan bahkan disepelekan dan dipandang sebelah mata. Padahal seni gambar khususnya di dinding itu terbilang sangat sulit apalagi bagi kami yang pemula.

"Harapan kami sederhana dengan karya kami ini, semoga seni gambar itu lebih diapresiasikan lagi," demikian harapan Hernisa.

Sementara Manager PLN Cabang Tapaktuan, Komaruddin melalui pesan whatsappnya menjelaskan tentang terobosannya dengan memberi ruang berkarya bagi komunitas pelukis mural di kantor PLN Tapaktuan.

"Kebetulan Komunitas Regional Doodleart Aceh Selatan, mereka merupakan para mahasiswa yang kuliah di Banda Aceh. Mereka sedang libur lebaran jadi sebelum kembali kuliah ke Banda Aceh, kita minta mereka untuk menyalurkan keahliannya melukis mural di Kantor PLN," terang Komaruddin.

Menurut pengakuannya, untuk konsep bebas namun mereka mengambil konsep 'Kota Naga' dengan legendanya Tapak Tuan Tapa dan ciri khas buah pala.
"Mungkin 1-2 hari lagi selesai, ternyata hasilnya luar biasa dan wajah baru PLN Tapaktuan lebih menarik. Kreativitas pelukis mural patut diapresiasi karyanya apalagi hasilnya cukup 'Top' untuk ajak selfie," demikian ujar Manager PLN Cabang Tapaktuan, Komaruddin sembari tersenyum.[Red/FA]
Share it:

news

Post A Comment: