-->




Masyarakat Apresiasi Kinerja Kepala Desa Ononamolo II Lot, Ini Alasannya!

13 September, 2018, 19.54 WIB Last Updated 2018-09-13T12:54:52Z
GUNUNGSITOLI - Masyarakat Desa Ononamolo II Lot, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, mengapresiasi dan mendukung kinerja Kepala Desa Aluiziduhu Zebua, karena dinilai punya kinerja baik dan transparan pada pelaksanaan anggaran dana desa yang bersumber dari APBN.

Hal itu disampaikan salah satu tokoh masyarakat, Prediaro Zebua didampingi oleh sejumlah masyarakat kepada wartawan, Kamis (13/09/2018). Menurutnya, sejauh ini kinerja kades cukup memuaskan ditandai kedekatannya dengan warga masyarakat tanpa membeda-bedakan. Selain itu selalu tanggap dengan yang menyangkut urusan warganya.

Ditanya soal pelaksanaan dan pengelolaan anggaran dana desa yang bersumber dari APBN, warga pun mengaku kepala desa sudah transparan. Hal ini dibuktikan dengan kades dan aparat desa selalu mengundang seluruh masyarakat untuk diberikan penjelasan tentang besaran dana desa yang diterima beserta tujuan pengelolaannya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Ononamolo II Lot, Aluiziduhu Zebua yang akrab dipanggil Abang Ama Sofi itu, kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya dalam sistim pemerintahan di tingkat desa selalu mengedepankan azas transparansi serta menjunjung tinggi sepenuhnya janji sumpah jabatannya.

"Pada pelaksanaan dan pengelolaan dana desa yang bersumber dari APBN itu, semua saya lakukan dengan transparan. Saya memberikan pengumuman anggaran melalui baliho yang ditempelkan di lokasi strategis agar masyarakat dapat mengikuti dan mengawal proses penggunaan dana desa ini," jelasnya.

Tambah dia, seperti diketahui ADD dan DD yang diterima pada tahun 2017 adalah sebesar Rp.1.462.076.408, yang terlaksana adalah ADD sebesar Rp.294.195.150 untuk pembayaran tunjangan/honor, DD yang terlaksana sebesar Rp.479.079.200 yang disasarkan untuk pembangunan parit gendong dan pengadaan bahan pengaspalan.

Dijelaskan juga, anggaran yang dikeluarkan untuk pemberdayaan masyarakat adalah sebesar Rp.20.688.700 serta untuk pembinaan kemasyarakatan adalah sebesar Rp.58.079.800 total terealisasi pada tahun 2017 adalah sebesar Rp.852.042.850. Sedangkan total silva adalah sebesar Rp.610.033.558.

"Jadi walaupun demikian, segala sesuatu pembangunan di desa tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk pengawasan pelaksanaannya," Abang Ama Sofi.

Ia berharap agar pembangunan desa kedepan tidak terlepas dari pengawasan masyarakat serta pihak lain agar turut berpartisipasi dengan memberikan masukan serta kritikan yang positif.

"Hal ini demi kemajuan Desa Ononamolo II Lot khususnya dan Kota Gunungsitoli pada umumnya," tutupnya Abang Ama Sofi.[AZB/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini