Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

11 Kecamatan di Aceh Selatan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Share it:
ACEH SELATAN - Hujan deras yang melanda Kabupaten Aceh Selatan pada Senin (15/10/2018) malam, membuat 11 Kecamatan di Kabupaten tersebut dilanda banjir dan tanah longsor.

Atas peristiwa itu, diperkirakan sebanyak 63 gampong dan 3.726 KK dengan total 12.407 jiwa terkena dampak musibah banjir dan tanah longsor tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Sazalisna mengatakan, penyebab terjadinya musibah alam tersebut disebabkan intensitas hujan tinggi yang melanda Aceh Selatan sejak pukul 18:00 WIB.  Sehingga katanya, dibeberapa wilayah di Kabupaten Aceh Selatan dilanda bencana.

"Dari data yang kita peroleh dilapangan, musibah banjir dan tanah longsor ini melanda sebanyak 11 Kecamatan," ungkap Cut Sazalisna kepada LintasAtjeh.com Selasa (16/10/2018).

Cut Sazalisna menyebutkan, kondisi yang ditemukan pihaknya dilapangan ada beberapa gampong yang terkena dampak parah. Diantaranya Gampong Teungoh, Kecamatan Trumon Tengah sebanyak 6 KK Mengungsi di balai serba guna akibat ketinggian air mencapai 50 cm.

Sementara Gampong Air Pinang Kecamatan Tapaktuan, ketinggian air 30 s/d 50 cm. Di Gampong Lawe Sawah, Kecamatan Kluet Timur terjadinya longsoran tebing. Sementara di Gampong Panjupian Kecamatan Tapaktuan, gunung longsor setinggi 2 meter dengan panjang Lebih  Kurang 100 meter.

"Dijalan menuju Gampong Buloh didi Kecamatan Kluet Timur, kita juga menemukan longsor di tiga titk dengan panjang 100  meter dengan material terdiri dari batu-batu besar dan tanah, dan daerah itu masih terisolir akibat dari longsor yang terjadi. Sementara Gampong Lhok Bisa, Kecamatan Tapaktuan, itu sebanyak 6 KK dan 17 Jiwa mengungsi ke pos DAMKAR 01," kata Cut Sazalisna.
  
Dirinya menyebutkan, bencana banjir juga melanda Gampong Beutong, Kecamatan Kota Bahagia, di Gampong itu ketinggian air lebih kurang mencapai 3 meter. Banjir juga mengenai ruas jalan nasional diwilayah itu.


Atas musibah itu, sebutnya, upaya yang dilakukan oleh personel Damkar dan TRC PB BPBD Aceh Selatan hingga kini masih melakukan pembersihan sekaligus membantu masyarakat yang terkena dampak musibah.

"Kita sudah melakukan upaya-upaya  pembersihan material longsor di beberapa tempat (Puncak gemilang, jalan PT Adi,dan gunung Panorama Hatta gampong panjupian). Kemudian melakukan normalisasi sungai di Gampong padang, evakuasi warga Gampong Lhok bengkuang ke pos 01 Damkar Aceh Selatan dan seluruh titik - titik yang dilaporkan oleh warga," sebut Cut Sazalisna.

Selain itu, pihak BPBD juga sudah melakukan pendataan terkait korban terkena dampak banjir dan tanah longsor untuk disalurkannya bantuan masa panik oleh pihak dinas terkait.


Adapun 11 Kecamatan yang terkena dampak bencana alam di Aceh Selatan meliputi, Kecamatan Trumon Tengah, Kota Bahagia, Kluet Tengah, Pasie Raja, Tapaktuan, Kluet Timur, Kluet Utara, Kluet Selatan, Samadua, Trumon Timur dan Kecamatan Bakongan.[FA]
Share it:

news

Post A Comment: