Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Distanpan Abdya, Musim Tanam Rendengan Stok Bibit Tersedia Cukup

Share it:
ABDYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam hal ini Dinas Pertanian dan Pangan telah menjadwalkan waktu turun ke sawah pada musim tanam rendengan tahun 2018-2019.

Musim Tanam rendengan ini terlebih dahulu dimulai dengan kenduri dan pembersihan tali air pada semua gampong yang memiliki lahan sawah untuk selanjutnya dilakukan pengolahan tanah serta penyemaian bibit.

"Terkait dengan bibit Insyaallah ada dan cukup untuk dibagikan kepada sejumlah petani namun harus mengikuti prosedurnya dulu. Direncanakan pada pertengahan bulan Desember nanti bibit dapat didistribusikan,"sebut Kepala Distanpan melalui Kabid Perbenihan dan Pembibitan, Hendri Yadi, S.TP kepada LintasAtjeh.com, Rabu (21/11/2018) diruang kerjanya.

Menurut Hendri, pada musim tanam rendengan kali ini direncakan akan mengembangkan varitas M 400 yang telah terbukti memiliki ketahanan terhadap hama penyakit serta produksinya mencapai 8-9 ton per hektar dan bibit sudah ada di daerah kita.

Untuk itu, lanjut Hendri, petani diharapkan terus bekerja mengikuti jadwal tanam yang telah ada seperti hasil musyawarah, persoalan bibit Insyaallah sampai pada waktunya segera didistribusikan.

Apalagi, katanya, Bupati sangat ingin Kabupaten Aceh Barat Daya mengembangkan varitas M 400 sekaligus menjadikan Abdya sebagai daerah produksi benih di pantai Barat Selatan Aceh.

"Bupati aja mau kenapa kita tidak,"ungkap Hendri singkat.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: