Iklan

4 Desa Terima Penghargaan Pengelolaan Dana Terbaik 2017 di Aceh Selatan.

19 Desember, 2018, 09.32 WIB Last Updated 2018-12-19T02:32:22Z
ACEH SELATAN -  Sedikitnya 4 desa mendapat penghargaan ‘DesaHebat’ Pengelolaan Dana Desa terbaik tahun 2017 di Kabupaten Aceh Selatan, Selasa(18/12/21018) di ruang utama gedung DPRK setempat.

Adapun gampong itu yakni, Bidang Penata Usahaan Keuangan Berbasis Siskeudes (system keuangan desa) diterima Gampong Gunung Ujung Cut, Kecamatan Kota Bahagia. Bidang BUMG terbaik yang diterima Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur. 

Selanjutnya, Bidang Pelayanan Sosial Dasar, diterima  Gampong Fajar Harapan, Kecamatan Kluet Utara, dan Bidang Insfratruktur Berbasis Padat Karya Tunai, diterima Gampong Alue Meutuah, Kecamatan Meukek. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai membuka BursaInovasi Desa.

Nova Iriansya mengatakan, dari hasil evalusasi Kementerian Desa selama empat tahun terakhir, sudah ada beberapa desa yang di anggap mampu melahirkan terobosan hebat dalam penggunaan dana desa.

“Contohnya, warga Desa Batang Baru, Sulawesi Barat yang mampu menciptakan inovasi mengubah air sungai sebagai sumber pembangkit listrik. Hasilnya, desa yang dulu tidak mendapat aliran listrik itu, kini terang benderang dengan menggunakan listrik tenaga air,” kata Nova.

Dia juga mencontohkan temuan warga Desa Sugih Waras, Jawa Timur yang menciptakan inovasi teknologi air sumur sebagai sumber air warga yang dulunya mengalami kekeringan.

Dia melanjutkan, tidak kalah menariknya temuan warga Desa Biatan Baru, Kalimantan Timur yang sukses menciptakan teknologi tenaga Matahari untuk mendapatkan air bersih.

Lebih lanjut Nova Iriansyah, mengatakan, adapula inovasi tentang program menghidupkan kembali Bumdes, inovasi tata cara pendataan tanah warga dan sebagainya.

“Saya percaya, inovasi seperti itu pada dasarnya juga bisa dikembangkan oleh masyarakat kita di tingkat gampong. Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama antara pemerintah gampong dan masyarakat dalam merumuskan inovasi yang akan dikembangkan secara bersama,” [Delfi]


Komentar

Tampilkan

Terkini