-->








Pemkab Abdya Dukung Penuh Germas

09 Desember, 2018, 15.45 WIB Last Updated 2018-12-09T08:45:21Z
ABDYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendukung penuh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) karena sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati saat ini.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Drs Thamrin yang mewakili Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dalam sambutannya pada acara Germas yang berlangsung di halaman Kantor Bupati setempat, Sabtu (08/12/2018).

Sekda juga menyebutkan, Pemerintah Daerah Abdya sangat berharap kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini bisa dijadikan momentum bagi masyarakat dalam membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Abdya Safliati, S.ST, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, sebagai implementasi dari visi dan misi ini seluruh masyarakat diajak untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan serta dorongan untuk selalu berprilaku hidup sehat.

Ia juga mengakui, permasalahan kesehatan yang sering  dihadapi saat ini semuanya disebabkan oleh kebiasaan  prilaku hidup yang belum sesuai dengan kaidah kesehatan. 

"Contohnya, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji tanpa mempertimbangkan tinggi gula garam dan lemak, serta kebiasaan buruk merokok," sebutnya.

Lebih lanjut Safliati mengungkap, bahwa jajarannya dengan secara aktif telah berupaya meminimalisir gambaran permasalahan tersebut melalui berbagai kegiatan yang bersifat promotif dan preventif. 

Dalam moment tersebut Safliati juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama bersinergi melakukan pencegahan masalah gizi, khususnya masalah Stunting. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam rentang waktu yang lama. 

"Stunting ini berdampak pada tumbuh kembang anak, sehingga rentan terhadap segala penyakit. Hal ini sangat beresiko, karena bisa menyebakan kematian pada anak dan Balita," jelas Safliati.

Di akhir pidatonya Kadinkes Abdya menghimbau seluruh masyarakat dan lintas sektor untuk mengimplementasikan Germas dengan cara meninggalkan kebiasaan merokok, menciptakan lingkungan yang sehat melalui Sanitasi yang baik, dan memanfaatkan akses kesehatan sebagai sumber komunikasi, koordinasi, dan konsultasi menuju hidup sehat.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto, S.I.P., mewakili Kapolres Abdya Kabagren Kompol Sulaiman, mewakili Kejari Kasubbin H. Azwar, SH., para Asisten Setdakab, para SKPK, serta Ratusan Kader PKK Sekabupaten Abdya.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini