Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

KIP Abdya Gelar Sosialisasi Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Suara 

Share it:
ABDYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar sosialisasi pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi suara pada pemilu serentak tahun 2019, di Aula Arena Motel Blangpidie, Sabtu (16/03/2019).

Hadir yakni seluruh Komisioner KIP, Panwaslih, Kapolres Abdya, para ketua partai politik baik lokal maupun nasional, PPK, Panwaslih Kecamatan dan tamu undangan lainnya. Ketua KIP Abdya Sanusi mengatakan pemungutan suara tinggal sebulan saja tepatnya pada 17 April 2019.

Kondisi ini membuat kader Partai Politik sibuk dengan kerja-kerja kampanye pemenangan. "Tetapi jangan melupakan pengetahuan untuk memahami tatacara pemungutan sampai pemungutan suara sesuai aturan,” katanya.

Dijelaskan, tata cara pencoblosan merupakan hal perlu diperhatikan serius dalam Pemilu 2019. Aturan-aturan soal pemungutan suara sampai rekapitulasi suara sejatinya dipahami dengan baik oleh kader partai politik peserta Pemilu hingga ke tingkat kecamatan dan gampong-gampong.

Lanjutnya lagi, partai politik harus mengambil bagian untuk menyosialisasikan tata cara pemungutan suara kepada jaringan peserta pemilu di tingkat bawah. “ini adalah sebuah upaya menghindari sekecil apapun kesalah-pahaman membaca aturan mainnya,” ujarnya.
Dia juga menambahkan akan melakukan sosialisasi terus menerus terkait pemungutan sampai rekapitulasi suara sampai ke tingkat KPPS.

"Yang jelas kita ingin partisipasi masyarakat pada pemilu tahun ini harus lebih dari tahun-tahun sebelumnya dan juga kita berharap semua pemilih melakukan pencoblosan dengan benar," demikian ungkap Ketua KIP Abdya Sanusi.

Sementara itu, penjelasan terhadap tata cara memilih juga dijelaskan oleh Komisioner KIP Aceh Munawar Syah.

Menurutnya partisipasi seluruh partai peserta pemilu dalam mensosialisasikan tata cara memilih ini sangatlah membantu dalam menciptakan pemilu yang tepat dan benar.

Pada kegiatan tersebut dijelaskan detail terhadap apa-apa yang diperbolehkan dari tahap awal sampai kepada cara memilih yang benar, dan pihaknya juga berharap kegiatan sosialisasi pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi suara bisa dilanjut sampai kemasyarakatan bawah.

"Terus kita lakukan sosialisasi sampai ke tingkat Kecamatan sampai ke Gampong untuk menciptakan pemilih lebih paham," tandasnya. [Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: