Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Petugas BPBK dan Warga Tarik Rumpun Bambu Ketepi Sungai 

Share it:
ABDYA - Banjir besar yang melanda Kabupaten Aceh Barat daya (Abdya) beberapa waktu lalu, mengakibatkan sejumlah sungai banyak yang terjadi abrasi oleh berbagai faktor penyebabnya.

Salah satunya Sungai Krueng Susoh, beberapa rumpun bambu yang berada ditepi sungai hanyut terseret derasnya arus dan tersangkut sekitar 10 meter jarak dari tiang tengah jembatan jalan Nasional Gampong Pulau Kayu. 

"Ada sekitar tiga rumpun bambu besar yang saat ini berada ditengah sungai dan sedang kami usahakan untuk menarik ketepi untuk dibersihkan dan diangkat kesadaran karena sudah sangat berbahaya," ujar seorang petugas dari BPBK Abdya yang tidak mau namanya ditulis LintasAtjeh.com, Sabtu (06/04/2019) dilokasi. 

Sambungnya, rumpun bambu yang berada ditengah sungai itu sudah memperparah abrasi, karena waktu banjir arah air menghantam tanah masyarakat yang berbatasan langsung dengan Krueng Susoh akibatnya sungai kelihatan semakin lebar. 

 "Oleh karena sudah membahayakan banyak tanah masyarakat sekitar aliran sungai kami dan masyarakat setempat bahu membahu berusaha menarik rumpun bambu ketepi dengan dibantu oleh truk trado," singkatnya.[Adi S]
Share it:

news

Post A Comment: