0 Anggota DPRK Aceh Singkil Tindaklanjuti Harapan Masyarakat Soal Pasar Modern - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Anggota DPRK Aceh Singkil Tindaklanjuti Harapan Masyarakat Soal Pasar Modern

Share it:
SINGKIL - Setelah mendengarkan masukan dari berbagai elemen masyarakat di Aceh Singkil. Kita menemukan sejumlah hal penting yang mestinya menjadi harapan dan kerinduan masyarakat untuk diwujudkan oleh Pemkab Aceh Singkil.

Menindaklanjuti harapan Masyarakat Aceh Singkil tentang rencana mendirikan bangunan / gedung berupa pasar modern di Wilayah Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Program ini merupakan terobosan yang sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Aceh Singkil dari keterpurukan sebagai daerah tertinggal menjadi lebih maju dan sejajar dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Aceh maupun wilayah Sumatera lainnya.

"Namun harus ditentukan di titik / lokasi mana yang lebih tepat dan cocok serta memiliki strategis untuk pembangunan pasar modern tersebut," ungkap anggota DPRK Aceh Singkil M Jirin, SE, kepada media, Senin (15/07/2019).

Menurut Jirin, Pemda Aceh Singkil diharapkan dapat menilai lebih jernih dan pandangan luas untuk menatap masa depan Aceh Singkil yang lebih baik, aman, modern, bermartabat dan menjadi kebanggaan  kita semua. Khususnya pihak yang berkompeten terkait masalah tersebut. 

Jirin merincikan, beberapa hal plus minus (kelebihan dan kekurangan) dari 2 titik yang akan dijadikan lokasi pasar modern, yakni sebagai berikut:

1. Lokasi di belakang PLN Desa Tanah Mbara luas lahan sekitar 5 Ha:

 -  Untuk jangka panjang pasar tersebut sulit dikembangkan karena merupakan daerah padat pemukiman.

-  Menimbulkan kerawanan terhadap keamanan proyek vital (PLN), yang harus lebih steril dari gangguan luar dan kebisingan.

-  Keberadaan pasar modern tersebut dapat mengganggu belajar mengajar di sekolah SMPN dan SMAN yang tidak jauh dari lokasi pasar modern.

- Sepanjang jalan di jalur 2 Desa Tanah Mbara sudah banyak ruko berdiri sehingga berpengaruh terhadap kondisi pasar modern baik persaingan dalam perdagangan maupun kemacetan arus lalu lintas karena jalan tidak memadai.

- Posisi pasar modern yang akan dibangun di belakang PLN dan jauh dari jalan raya berdampak terhadap animo masyarakat untuk berjualan dan belanja di tempat tersebut karena dinilai kurang strategis jauh dari jalan raya.

2. Lokasi di Desa Gunung Lagan Kecamatan Gunung Meriah luas sekitar 12 Ha, sebagai berikut:

- Untuk jangka panjang pasar modern tersebut bisa dikembangkan sesuai kebutuhan karena memiliki luas 2 kali lebih luas dari belakang PLN.

- Rencana pengembangan jalan ( jalur 2) dapat di design sedemikian rupa yang lebih lebar lagi sehingga sepanjang jalan lebih luas dan tertata dengan baik sesuai kebutuhan yang diinginkan (tata kota).

- Adanya RSUD dan Akper di wilayah tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk kebutuhan masyarakat seluruh warga Aceh Singkil dan pengembangannya.

- Di tempat tersebut sudah berdiri perumahan Pengadilan dan Kejaksaan beberapa tahun lalu.

- Desa Gunung Lagan merupakan daerah strategis untuk pengembangan kota dan ditata dengan baik mengingat daerah tersebut masih sangat luas untuk dikembangkan.

- Adanya perumahan yang baru dibangun seperti perumahan Melati, Suzuki dan perumahan lainnya dapat memberikan kontribusi untuk pendirian pasar modern yang membutuhkan konsumen/pembeli dari berbagai tempat khususnya warga Gunung Lagan.

- Selain itu keberadaan Gedung Olah Raga (GOR) yang merupakan bagian fasilitas umum bisa dikembangkan untuk meningkatkan bakat, kesehatan dan kesejahtetaan masyarakat melalui olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

- Jarak dari Bandara ke perbatasan Gunung Lagan sekitar 8 km menuju pasar modern memiliki nilai tersendiri dalam mengembangkan pariwisata kedepan yakni kebutuhan tempat penginapan/hotel bagi orang yang datang dan pergi dari Aceh Singkil melalui Bandara terutama ketika run way bandara sudah ditingkatkan dari 1.200 m menhadi 1.600 m untuk pesawat yang lebih besar.

- Posisi daerah Gunung Lagan yang berbatasan dengan Desa Kampung Baru memberikan dampak yang positif terhadap animo/minat daya beli konsumen khususnya komunitas perkebunan yang berada di sekitar wilayah seperti PT. Astra, Delima Makmur dan perkebunan lainnya. 

"Semoga  bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya Pemda Aceh Singkil," demikian pungkas anggota DPRK Aceh Singkil M Jirin, SE.[*/Red]
Share it:

parlemen

Post A Comment: