0 173 Ekor Ternak Disiapkan Pedagang Untuk Meugang  - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

173 Ekor Ternak Disiapkan Pedagang Untuk Meugang 

Share it:
ABDYA - Para pedagang di Kabupaten Aceh Barat Daya telah menyiapkan 173 ekor kerbau dan sapi untuk memenuhi kebutuhan warga akan daging meugang satu hari jelang lebaran Idul Adha 1440 Hijriah. 

"Sebanyak 173 ekor hewan ternak jenis kerbau dan sapi yang telah disediakan pedagang tersebut khusus untuk dipotong di empat titik lokasi sejumlah kecamatan di Abdya," sebut Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan, Laili Suhairi di Blangpidie Jum'at (09/08/2019). 

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk lokasi pemotongan hewan di Kecamatan Blangpidie pedagang menyiapkan sebanyak 101 ekor kerbau dan sapi. lokasinya pemotongannya di tempat biasa, yaitu di bantaran daerah aliran sungai (DAS) Krueng Susoh. 

Selain di Blangpidie, sambungnya, para pedagang juga akan memotong hewan ternak kerbau dan sapi di pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-tangan sebanyak 9 ekor, di Kecamatan Babahrot 20 ekor dan di Kecamatan Manggeng sekitar 43 ekor.

"Harga daging kerbau dan sapi pada meugang Idul Adha ini kita prediksikan rata-rata Rp.180 ribu/kilogram. Harga yang kita prediksikan itu masih sama dengan harga daging meugang sebelumnya,” ungkapnya. 

Menurut Laili, tingginya harga daging kerbau dan sapi di daerahnya setiap memasuki hari meugang dikarenakan minimnya hewan ternak yang dipotong. Sementara permintaan daging hari tersebut meningkat, tajam lantaran hampir rata-rata warga beli daging. 

"Membeli daging kerbau ataupun sapi pada hari meugang itu sudah menjadi tradisi warga Abdya sejak dahulu. Jika masyarakat belum beli daging pada hari meugang rasanya belum lengkap hari raya,” ujarnya. 

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Abdya bahwa hari meugang (hari potong) di daerah tersebut jatuh pada Sabtu 10 Agustus 2019 atau pada hari pertama menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Surat edaran kepala daerah tersebut ditujukan kepada para camat di sembilan kecamatan untuk selanjutnya disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat diw kerjanya masing-masing.

Sementara itu untuk hewan Qurban masyarakat di sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan berkurban sebanyak 1.500 ekor hewan ternak pada hari lebaran Idul Adha 1440 Hirjriah. 

Kabid Peternakan Laili Suhairi hewan menyebutkan, sebanyak 1.500 ekor hewan Qurban yang telah terdaftar itu terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba. 

"Domba sebanyak 631 ekor, sapi 103 ekor, kerbau 199 ekor, kambing 534 ekor. Jadi, semua hewan kurban tersebut sebagiannya berasal dari peternak lokal, sisanya didatangkan dari luar Abdya," demikian jelas Laili.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: