0 74 Kelompok Tani di Abdya Terima Bibit Pinang dari Dinas Pertanian - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

74 Kelompok Tani di Abdya Terima Bibit Pinang dari Dinas Pertanian

Share it:
ABDYA - Sebanyak 74 Kelompok Tani (Koptan) yang tersebar di sembilan Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan bibit pinang unggul dari Dinas Pertanian kabupaten setempat.

Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Abdya, Azwar saat menjawab LintasAtjeh.com, Jum'at (27/09/2019) menyebutkan, ratusan ribu bibit pinang yang sedang disalurkam tersebut bersumber dari anggaran DOKA dan APBK Abdya tahun 2019 senilai Rp7,6 miliar.

"Bibit pinang unggul yang lagi disalurkan kepada ke petani sebanyak 595,228 batang," sebutnya. Tambahnya lagi, semua bibit pinang unggul tersebut khusus diberikan kepada 74 kelompok tani untuk ditanam pada lahan seluas 541 hektare di sembilan kecamatan dalam kabupaten Abdya.

"Semua bibit yang sedang tahapan penyaluran kepada 74 kelompok tani di sembilan kecamatan itu merupakan sumber bibit pinang unggul hasil penangkaran di Abdya," tutur Azwar.

Dikatakan Azwar, Pemkab Abdya mengalokasikan dana sebesar Rp7,6 miliar pada tahun 2019 untuk pengadaan bibit pinang unggul dari dua sumber mata anggaran untuk dibagikan ke petani sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Azwar mengaku, proses penyaluran bibit pinang unggul bantuan itu diantarkan langsung ke tiap-tiap kelompok tani penerima manfaat, dan sudah tersalurkan sekitar 50 persen dari total bibit pinang berjumlah 595,228 batang.

"Setiap petani yang tergabung dalam kelompok tani diberikan bibit pinang bantuan itu paling banyak 555 batang perpetani untuk ditanam pada lahan seluas 0,5 hektare, dan paling sedikit 277 batang untuk lahan seluas 0,25 hektare," rincinya. Sementara sebut Azwar, permohonan yang diajukan kelompok tani ada yang dua hektare untuk satu orang.

"Berhubung bibit bantuan tidak begitu banyak. Proposal banyak masuk, maka kami bantu paling luas 0,5 hektare perpetani supaya merata," ujarnya. Berdasarkan data dihimpun, bibit pinang unggul sebanyak 595,228 batang mengunakan anggaran sebesar Rp7,6 miliar lebih itu terdiri dari dua paket pengadaan sumber anggaran DOKA dan APBK tahun 2019.

Dari sumber APBK, pemerintah daerah mengucurkan dana senilai senilai Rp2,7 miliar lebih untuk pengadaan bibit pinang unggul sebanyak 235.128 batang, dan paket ini pengadaannya dilakukan oleh CV Mustika. Sementara untuk paket kedua senilai Rp4,9 miliar lebih sumber DOKA pengadaannya dilakukan oleh CV Tegar Buana Putra dengan jumlah bibit pinang unggul sebanyak 360.100 batang. Belum diperoleh informasi terkait varietas bibit pinang yang dibantu untuk masyarakat petani.

Apakah jenis bibit pinang unggul Betara atau bibit unggul lokal Aceh. Sebab pada dokumen pelaksana anggaran hanya tertulis bibit pinang unggul, tidak tercantum nama varietasnya.[Adi S]
Share it:

green

varia

Post A Comment: