0 Gampong Jeumpa Barat Manfaatkan Dana Desa Wujudkan Perubahan Nyata untuk Masyarakat  - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Gampong Jeumpa Barat Manfaatkan Dana Desa Wujudkan Perubahan Nyata untuk Masyarakat 

Share it:
ABDYA - Dana Desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah Pusat beberapa tahun terakhir telah memberikan kontribusi besar terhadap perubahan wajah Desa, dari pembangunan infrastruktur serta banyak lagi kegiatan penunjang bagi terwujudnya Gampong mandiri di Kabupaten Abdya. 

"Kami baru tahun ke tiga mendapat alokasi dana desa tetapi sudah ada manfaatnya yang dirasakan masyarakat setempat, baik pasilitas umum maupun dari sektor pemberdayaan melalui berbagai pelatihan ketrampilan," sebut Sekretaris Gampong Jeumpa Barat, Said Fahmi kepada LintasAtjeh.com, Sabtu (29/09/2019) saat meninjau pekerjaan lening jalan.

Menurut Said, peninjauan yang dilakukan pihaknya bersama lembaga Tuha Peut dan Tuha Lapan, guna memastikan semua pekerjaan berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta berdaya guna bagi seluruh masyarakat setempat. 

"Pekerjaan fisik ditahap kedua ini hanya membuat lening jalan saja sepanjang 500 meter sedangkan kegiatan lainnya juga sedang dilaksanakan seperti pelatihan menjahit," katanya. 

Lebih lanjut Said menambahkan, semua pekerjaan fisik tahun ini berlokasi di daerah pemukiman masyarakat kecuali ada dua kegiatan dilahan persawahan masyarakat itupun sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam hal penghematan biaya saat musim panen tiba. 
Selain kegiatan fisik dan kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan menjahit pihak aparatur dan lembaga adat Gampong juga akan menjalankan hasil kesepakatan bersama beberapa waktu lalu yaitu membantu masyarakat fakir dan miskin serta janda dengan memberikan bantuan ternak jenis unggas. 

"Kita telah memesan ratusan ekor bibit itik jenis petelur untuk kita bagikan kepada sejumlah masyarakat yang berhak menerima," jelas Said. 

Lanjut Said, yang penting beberapa program yang kita laksanakan selama tahap pertama dan tahap kedua merupakan hasil musyawarah bersama dan itu hampir semua rampung kita kerjakan secara bersama sama dengan seluruh masyarakat baik tua maupun muda. 

"Tahun ini kami dari pihak aparatur terus berusaha yang terbaik dalam menjalankan roda pemerintahan Gampong dan apa yang direncanakan sebelumnya terlaksana sesuai harapan dan bisa bermanfaat bagi semua orang," kata Said singkat.

Ditempat yang sama, ketua Tuha Peut Gampong Jeumpa Barat, Kecamatan Jeumpa, Sulaiman menyebutkan, akan bekerja maksimal dengan seluruh lembaga mengawasi dan melakukan pengecekan langsung kelapangan atas apa kegiatan yang dikerjakan baik itu pekerjaan fisik maupun kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan langsung dengan kegiatan kemasyarakatan.

"Kita secara bersama mengawasi semua kegiatan baik kegiatan fisik dan kegiatan kegiatan lain yang menyangkut penggunaan dana Gampong," ucapnya saat memantau pekerjaan lening jalan disusun Jeumpa. 

Sulaiman juga mengatakan, pihaknya senantiasa mendukung program Gampong yang bermanfaat bagi semua masyarakat baik jangka pendek maupun jangka panjang contohnya ada beberapa kegiatan fisik yang manfaat bisa dinikmati dalam waktu lama dan berdaya guna bagi masyarakat. 

Begitupun keberadaan BUMG kata Sulaiman, kita segera lakukan perbaikan kinerja dan rapat tahunan untuk mengetahui hasil apa yang telah dicapai atau lebih jelasnya keuntungan pertahunnya dari sebuah perusahaan karena BUMG setiap tahunnya mendapat kucuran dana. 

"Gampong Jeumpa Barat memang baru tiga tahun dengan tahun ini mendapat alokasi dana desa namun walaupun baru kita ingin berusaha yang terbaik untuk kemandirian Gampong," singkatnya.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: