0 Mahasiswa KKN Kelompok 94 Unimal Sosialisasi Penyediaan WC di Gampong Mulieng Manyang - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Mahasiswa KKN Kelompok 94 Unimal Sosialisasi Penyediaan WC di Gampong Mulieng Manyang

Share it:
ACEH UTARA - Mahasiswa KKN Kelompok 94 Unimal ikut serta bersama tim kesehatan memberikan penyuluhan tentang pentingnya penyediaan WC di Gampong Mulieng Manyang, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu (04/09/2019).

Ketua Kelompok 94, Jefri Mahaza saat di konfirmasi mengatakan mahasiswa KKN Unimal melakukan penyuluhan bersama tim kesehatan bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan di gampong tersebut.

"Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah dan bau. Kebersihan lingkungan juga merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan," jelasnya.

Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan, lanjut dia, adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti demam berdarah, muntaber, dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

"Dengan berbagai survei yang telah dilakukan beberapa hari oleh mahasiswa KKN LPPM Unimal Kelompok 94 yang hanya mempunyai jumlah WC terbatas, dari survei berkisar 25 WC saja," ungkapnya.

Dijelaskannya, setelah dianalisa bahwa masyarakat Mulieng Manyang menurut kami dan tim kesehatan setempat, masih kurang memperhatikan lingkungan. Sehingga mahasiswa KKN Unimal tertarik untuk mengadakan kegiatan penyuluhan bersama tim kesehatan di gampong tersebut.

"Kegiatan penyuluhan tersebut dimulai dengan pelatihan pembuatan WC umum dengan cara menggambar di lantai memakai kapur, untuk mendesain WC darurat di gampong tersebut," sebutnya.

Jefri menambahkan, dengan penyuluhan kelompok KKN 94 yang terdiri dari 14 orang berbagai prodi/jurusan, atas semangat dan kerjasama tim sehingga penyuluhan bersama tim kesehatan berjalan dengan lancar.

"Kegiatan sosialisasi disambut sangat atusiasi dan juga semangat oleh masyarakat yang dihadiri oleh ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak, pemuda pemudi dan juga Aparatur Pemerintah Gampong Mulieng Manyang," tutup Jefri kepada LintasAtjeh.com, Kamis (05/09/2019).[Amalia Adila/Red]
Share it:

varia

Post A Comment: