0 Wakil Ketua BPK RI Hadiri The INTOSAI Congress XXIII di Moscow - Lintas Atjeh

Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Wakil Ketua BPK RI Hadiri The INTOSAI Congress XXIII di Moscow

Share it:
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) menghadiri INCOSAI XXIII yang diselenggarakan di Moscow, Rusia, pada Senin s.d Jum'at (23-27 September 2019).

Delegasi BPK RI kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dengan delegasi yang terdiri dari Anggota II BPK Agus Joko Pramono, Anggota V BPK Isma Yatun, Sekretaris Jenderal BPK BahtiarArif, Auditor Utama Keuangan Negara II (Tortama KN II) Laode Nusriadi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional (Humas dan KSI) Juska Meidy Enyke Sjam serta Staf pada Biro Humas dan KSI.

Kongres INTOSAI kali ini mengangkat dua tema diskusi utama, yaitu Theme I "Information technology for the development of public administration" dan Theme II "The role of SAIs in the achievement of national  priorities and goals".

Anggota II BPK RI menjadi co-panelis di plenary session theme I information technology for the development of public administration bersama dengan Ketua State Audit Institution (SAI) Amerika Serikat, Estonia, United Arab Emirates (UAE), Meksiko dan dari World Bank.

Dalam sesi tersebut, Agus Joko Pramono memaparkan pengalaman BPK RI terkait IT For Development of Public Administration.

Selama mengikuti INCOSAI, BPK juga menyelenggarakan beberapa side meeting dengan SAI lain. Sebagai Sekretariat ASEANSAI, BPK menyelenggarakan side meeting untuk membahas proposal dari SAI Malaysia untuk mengamandemen Agreement of ASEANSAI Establishment pada 24 September 2019.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal BPK sebagai Head of ASEANSAI Secretariat juga melakukan bilateral meeting dengan Deputy Auditor General of Swedish National Audit Office (SNAO) untu membahas progres kerja sama bilateral pada 25 September 2019.

Sebagai Ketua Kelompok Kerja Audit Lingkungan BPK Sedunia (INTOSAI WGEA), BPK berkolaborasi dengan SAI Finland sebagai Ketua WGEA mendatang juga membuka booth pameran untuk mempublikasikan produk WGEA dan diseminasi work plan periode 3 tahun mendatang.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPK dengan INTOSAI Development Initiative (IDI) terkait kerjasama di bidang SAI Performance Measurement Framework (PMF), Audit Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan area lainnya yang disepakati bersama.

Selanjutnya, BPK RI juga melakukan bilateral talk dengan Auditor General of Australia Grant Hehir untuk membahas status kerjasama saat ini dan peluang area kerjasama ke depannya.[*/Red]
Share it:

varia

Post A Comment: