-->








Prioritas Pencegahan Stunting 'TP PKK Aceh' Miliki Pilot Project RGG, Hari Ini Launching di Tamiang

14 Oktober, 2019, 10.13 WIB Last Updated 2019-10-14T03:13:38Z
BANDA ACEH - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh memperioritaskan pencegahan stunting secara sinergis dengan Pemerintah Aceh, dengan memiliki pilot project Rumoh Gizi Gampong (RGG), dan Pemerintah Aceh menggerakan 'BEREH' (Bersih, Rapi, Estetis, dan Hijau). Keduanya bersinergi untuk pencegahan dan penurunan angka stunting di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati saat menjamu sejumlah perwakilan Kementerian Kesehatan RI, di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa, (08/10/2019) kemarin.

"Program Rumoh Gizi Gampong bertujuan untuk menjamin asupan gizi-protein bagi anak, dan gerakan BEREH untuk membudayakan perilaku hidup bersih, rapi, indah, dan sehat, di kalangan masyarakat,” jelas Dyah, yang juga istri Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Lanjut Dyah, pilot project RGG tersebut dipayungi dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi di Aceh. Pergub itu menjadi landasan regulasi penggalangan komitmen para pihak terhadap  pemenuhan gizi setiap anak Aceh.

Dyah menambahkan, Pergub ini antara lain menginstruksikan agar dana gampong dapat dialokasikan secara proporsional untuk kebutuhan rumoh gizi gampong.

"Dana gampong akan menunjang nutrisi anak-anak dan ibu hamil dalam rangka penurunan dan pencegahan stunting di Aceh," kata Dyah.

Selain itu, ujar Dyah, saat ini Pemerintah Aceh melalui program BEREH, juga telah menginstruksikan seluruh ASN agar giat menjaga dan merawat fasilitas publik, mulai kantor tempatnya bekerja, rumah ibadah, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan, di lingkungannya masing-masing.

Lanjut Dyah lagi, semoga pertemuan dengan rombangan Kemenkes RI akan dapat menunjang project rumoh gizi dan gerakan BEREH yang sedang dilancarkan ke seluruh Aceh.

"Mudah-mudahan silaturahmi ini dapat memperkuat kerjasama kita dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," demikian kata Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati.

Informasi yang dihimpun LintasAtjeh.com, peresmian RGG yang pertama di Aceh dilakukan Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, di Desa Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, kabupaten Bener Meriah, pada Jumat (12/07/2019) lalu.

Dan dikabarkan bahwa hari ini, Senin (14/10/2019), Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, akan meresmikan (launching) Rumoh Gizi Gampong (RGG) di Kabupaten Aceh Tamiang. [ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini