Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Kamu Harus Tahu! Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang

Share it:
ANDA tentu sudah tidak asing lagi dengan daun pepaya. Nah, Bagaimana dengan daun pepaya Jepang? Sama seperti daun pepaya yang selama ini kita kenal, daun pepaya jepang juga memiliki segudang manfaat. Apa saja manfaat daun pepaya Jepang bagi kesehatan tubuh?

Apa Itu Daun Pepaya Jepang?
Daun pepaya Jepang adalah sejenis tanaman yang berasal dari wilayah Amerika Selatan. Bentuknya yang memang sekilas menyerupai daun pepaya biasa mungkin menjadi alasan kata 'pepaya' turut disematkan pada tumbuhan ini. Di daerah asalnya sendiri, daun pepaya Jepang lebih dikenal dengan nama Chaya.

Tanamana daun pepaya Jepang yan memiliki nama ilmiah Cnidoscolus chayamansa diklaim memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun pepaya Jepang ini tak lepas dari kandungan zat yang ada di dalamnya, antara lain:

Protein
Kalsium
Zat besi
Fosfor
Vitamin A
Niacin
Riboflavin
Vitamin C
Manfaat Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan Tubuh
Adanya kandungan zat-zat tersebut lantas membuat daun pepaya Jepang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Berikut ini adalah manfaat daun pepaya Jepang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui!

1. Mencegah Diabetes
Manfaat daun pepaya Jepang yang pertama adalah untuk mencegah penyakit gula darah alias diabetes.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas A&M University-Kingsville menemukan fakta bahwa daun pepaya Jepang efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

Kendati penelitian tersebut berhasil membuktikan jika daun pepaya Jepang dapat menurunkan kadar gula darah, sayangnya objek penelitian yang digunakan masih berupa hewan. Sehingga, perlu ada studi lebih lanjut yang melibatkan manusia.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya.

Nah, salah satu mengatasi hipertensi secara alami adalah dengan mengonsumsi daun pepaya Jepang. Manfaat daun pepaya Jepang untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi dikarenakan tanaman yang kerap dijuluki 'tree spinach' ini mengandung vitamin C.

Menurut sebuah studi, vitamin C efektif untuk menurunkan tingkat tekanan darah di dalam tubuh. Namun masih belum dapat dipastikan seberapa efektif vitamin C yang terkandung pada daun pepaya Jepang dalam mengobati penyakit ini.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit tentu harus ditunjang oleh sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Masih berbicara mengenai manfaat daun pepaya Jepang yang dihasilkan dari kandungan vitamin C, kali ini manfaatnya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan penelitian, vitamin C memiliki peran krusial dalam membantu tubuh memproduksi sel darah putih—tepatnya limfosit dan fagosit—sebagai benteng utama dari sistem kekebalan tubuh . Jadi, dengan mengonsumsi daun pepaya Jepang secara rutin diharapkan sistem imunitas akan semakin kuat.

Akan tetapi, lagi-lagi belum dapat dipastikan perihal efektivitas vitamin C yang ada di dalam daun pepaya Jepang terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker
Siapa sangka, mengonsumsi daun pepaya juga dapat meminimalisir risiko Anda terkena penyakit kanker di kemudian hari, lho!

Manfaat daun pepaya Jepang dalam mencegah penyakit kanker ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A.

Menurut penelitian, vitamin A yang sudah diproses oleh tubuh dan menjadi beta-karoten memiliki peran dalam mencegah penyakit kanker, khususnya kanker kelenjar getah bening, kanker serviks, dan kanker paru-paru.

Kendati belum ada penelitian yang meneliti secara khusus perihal efektivitas vitamin A pada daun pepaya Jepang terhadap pencegahan kanker, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini sebagai salah satu langkah antisipasi penyakit mematikan yang satu ini.

5. Mencegah dan Mengatasi Jerawat
Apakah Anda kerap mengeluhkan jerawat yang timbul pada kulit wajah? Jika ya, maka salah satu cara alami mencegah maupun mengatasi jerawat adalah dengan mengonsumsi daun pepaya Jepang.

Manfaat daun pepaya Jepang untuk mencegah dan mengatasi jerawat ini lagi-lagi dikarenakan adanya kandungan vitamin A. Menurut penelitian, vitamin A mempunyai potensi untuk membuat kulit tidak mudah terkena jerawat.

Efektivitas daun pepaya Jepang melalui kandungan vitamin A-nya dalam mencegah dan mengatasi jerawat juga belum terbukti secara kuat, namun ada baiknya hal ini tidak mengurungkan niat Anda untuk mulai mengonsumsinya guna mencegah jerawat.

6. Menjaga Kesehatan Reproduksi
Menjaga kesehatan sistem reproduksi—baik pria maupun wanita—juga menjadi manfaat lainnya dari daun pepaya Jepang yang tidak boleh Anda lewatkan.

Khasiat daun pepaya Jepang dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi juga didapat dari vitamin A yang ada di dalamnya. Menurut penelitian, vitamin A efektif untuk membantu produksi sel sperma. Selain itu, vitamin A juga berkhasiat untu membantu perkembangan janin.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Sementara itu, kandungan kalsium pada daun buah pepaya Jepang membuat tanaman herbal ini berpotensi mendatangkan manfaat dari mineral tersebut.

Salah satu dari sekian banyak manfaat kalsium adalah menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi daun pepaya Jepang secara rutin, secara tidak langsung Anda sedang menutrisi tulang sehingga risiko untuk mengalami berbagai penyakit tulang dapat diminimalisir.

8. Menguatkan Otot
Masih terkait dengan kalsium yang dikandungnya, manfaat daun pepaya Jepang selanjutnya adalah untuk menguatkan otot.

Ya, kalsium adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh otot agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini berlaku untuk semua bagian otot tubuh termasuk otot jantung.

Jadi, jika ingin otot Anda kuat dan dapat berfungsi optimal, konsumsilah daun pepaya Jepang secara rutin kendati belum dapat dibuktikan secara kuat apakah kalsium yang ada pada daun pepaya Jepang benar-benar efektif untuk hal ini.

Nah, itu dia beberapa contoh manfaat daun pepaya Jepang yang perlu Anda ketahui. Masih terbatasnya bukti ilmiah yang mendukung klaim khasiat daun pepaya Jepang memang membuat tanaman ini tidak serta merta dapat Anda andalkan, namun tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara rutin.

Jika masih ragu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi mengenai tanaman daun pepaya Jepang ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "8 Manfaat Daun Pepaya Jepang yang Jarang Diketahui"
Share it:

health

news

Post A Comment: