-->








Lion Air: Penanganan 16 Penumpang Rute Banda Aceh-Kualanamu Sesuai SOP

30 November, 2019, 19.54 WIB Last Updated 2019-11-30T12:54:01Z
ACEH BESAR - Layanan penerbangan Lion Air bernomor JT-3397 dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh (BTJ) ke Bandar Udara Internasonal Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) pada Senin (25/11/2019) lalu, ditegaskan bahwa operasional sudah dijalankan sesuai prosedur (SOP).

"Penerbangan JT-3397 adalah layanan berjadwal yang dioperasikan sebagai penerbangan tambahan (extra flight). Penerbangan ini memiliki jadwal keberangkatan (schedule time departure) 12.05 WIB (waktu Indonesia bagian Barat, GMT+ 7)," teerang Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air, dalam keterangan persnya, Sabtu (30/11/2019).

Dijelaskannya, Lion Air JT-3397 dipersiapkan secara baik dan tepat menggunakan armada lebih besar yaitu Airbus 330-900NEO, berkapasitas 436 tempat duduk kelas ekonomi. Pesawat sudah menjalani pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).

Dalam layanan kepada seluruh penumpang, kata Danang, Lion Air sudah menginformasikan terkait penyesuaian jadwal keberangkatan, bahwa penerbangan bernomor JT-397 yang dijadwalkan berangkat pada 13.30 WIB diberangkatkan pada penerbangan JT-3397.

"Lion Air telah mengirimkan informasi perubahan jadwal secara teks (SMS broadcast) melalui seluruh nomor telepon selular (handphone) yang Lion Air terima sesuai data yang diinput ketika penumpang melakukan reservasi," ungkapnya.

Pada hari keberangkatan, sebut Danang, Lion Air menjalankan pengecekan jumlah penumpang menurut reservasi dan aktual dari daftar penumpang setelah melapor (check-in) atau manifest, terdapat 16 penumpang yang belum check-in. Petugas Lion Air menghubungi sesuai nomor selular, namun nomor yang tertera bukan milik penumpang.

"Penerbangan JT-3397 berangkat sesuai jadwal. Hal ini dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang dan mempertahankan tingkat ketepatan waktu (on time performance)," ujarnya.

Dikatakannya lagi, Lion Air sudah melakukan penanganan kepada 16 penumpang dimaksud dengan memfasilitasi akomodasi (penginapan di hotel) dan pemindahan jadwal keberangkatan (transfer flight) pada penerbangan berikutnya nomor JT-397 pada Selasa (26/11/2019), tanpa dikenakan biaya.

"Lion Air menyampaikan, 16 penumpang tersebut telah diberangkatkan dan sudah tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu pada Selasa (26/11/2019)," urainya.

Dalam menjaga kenyamanan perjalanan, sebut dia, Lion Air menekankan kepada setiap penumpang saat pemesanan tiket pesawat (reservasi), wajib dan sangat penting untuk memastikan bahwa nomor telepon ponsel adalah benar serta sesuai dengan data calon penumpang yang akan berangkat.

"Tujuan utama ialah mempermudah proses komunikasi jika terjadi perubahan atau penyesuaian jadwal penerbangan dan informasi lainnya. Lion Air berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first). Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional," tutupnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini