Search This Blog

Banyak Di Baca

IKUTI VIA EMAIL

PV

Wakil Bupati Abdya Muslizar MT Buka Festival Budaya Daerah 

Share it:
ABDYA - Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT membuka festival budaya daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten setempat, Senin (11/11/2019). 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengajak semua peserta festival budaya daerah untuk terus mengembangkan kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya seperti dilaksanakan hari ini kesenian tradisional rapai geleng. 

Selain itu katanya, ada beberapa tokoh seni yang sangat berperan dalam mengembang seni budaya tradisional di Abdya, ada yang masih hidup dan sedang berkaril ada pula yang telah meninggal dan meninggalkan beberapa ciptaan seni sampai saat ini masih dikenang. 

"Untuk diketahui, group rapai geleng bujang juara selain juara di daerah Aceh juga sudah tampil ditingkat dunia itu artinya rapai geleng harus menjadi salah satu budaya seni di Abdya yang harus dikembangkan berkelanjutan, selamat bertanding tetap semangat dan jaga sportivitas," singkat Wabup. 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jauhari dalam laporannya mengatakan, festival budaya daerah yang kita laksanakan hari ini bukanlah yang pertama namun sudah beberapa kali kita gelar, untuk itu kedepannya kita akan laksanakan yang lebih meriah lagi. 

Lanjutnya, selain budaya seni daerah yang terus kita kembangkan dan kita perkenalkan budaya seni yang dimiliki kabupaten Abdya, banyak hal memang perlu digali ada seni budaya tradisional dan ada hal lainnya seperti situs bersejarah yang ada di Abdya ini.

Selain seni sambungnya, pendidikan juga tidak kalah penting, kami terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik sehingga bisa sejalan dengan perkembangan zaman.

"Untuk itu perlu kerjasama dan dukungan dari semua pihak," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, mewakili Kapolres, mewakili Dandim 0110 Abdya, kepala SKPK, para camat, jajaran Disdik, para peserta festival rapai geleng dari sembilan Kecamatan.[Adi S]
Share it:

varia

Post A Comment: