Iklan

Buka Rakor TKPK Aceh Tamiang, Sekda: Penurunan Angka Kemiskinan Mesti Sesuai Target 

11 Desember, 2019, 15.19 WIB Last Updated 2019-12-11T08:19:09Z
ACEH TAMIANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, H. Basyaruddin, SH, mewakili Bupati H. Mursil, SH, M.Kn, membuka Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Aceh Tamiang, di Aula Bappeda, Selasa (10/12/2019). 

Digelarnya rakor tersebut bertujuan untuk mendapatkan masukan tentang kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Dalam pemaparannya, Kepala Bappeda Drs. Rianto Waris mengatakan, data ekonomi makro Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2019 seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan setiap tahunnya dari tahun 2014 yaitu 66,09% menjadi 68,45%.

Lanjutnya, ditahun 2018, begitu juga Indeks Desa Membangun (IDM) mengalami tren positif, di mana tidak terdapat lagi desa sangat tertinggal, kecuali Kampung Perkebunan Alur Jambu, Kecamatan Bandar Pusaka. 

Sementara, angka kemiskinan Kabupaten Aceh Tamiang, di tahun 2018, yaitu 14,21%. 

Sementara itu, Sekda Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH, dalam arahan dan sambutannya mengatakan, percepatan penurunan angka kemiskinan di kabupaten tersebut harus dilakukan dengan upaya terencana, terukur, dan berkelanjutan, agar target RPJM tahun 2022 tercapai di angka 11,96%. 

"Peran dan fungsi TKPK dapat dilaksanakan dengan baik guna menghasilkan program-program yang fokus pada penanggulangan kemiskinan," demikian pesan Sekda. 

"Selain dibutuhkan strategi cerdas, kesungguhan dan data yang dimiliki harus yang kredibel, sehingga kedepannya dalam menjalankan satu program, maka mesti menggunakan data/angka yang valid yang bersumber dari BPS," pungkasnya.[ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini