-->








BPBK Gelar Apel Siaga Bencana, Kapolres Jadi Irup 

11 Desember, 2019, 15.23 WIB Last Updated 2019-12-11T08:23:31Z
ABDYA - Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar apel siaga bencana sebagai bukti dari kesiapan dan keseriusan dalam mencegah terjadinya bencana di wilayah Abdya. 

Disadari ataupun tidak, bencana sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikatakan Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK saat membacakan sambutan Bupati Akmal Ibrahim dalam kegiatan apel siaga bencana yang berlangsung dihalaman kantor bupati Abdya, Rabu (11/12/2019). 

Lanjutnya, upaya tanggap darurat serta pencegahan bencana harus terus dilakukan dalam mengantisipasi potensi bencana di wilayah Abdya. Menerutnya, hal ini perlu dilakukan agar dampak bencana serta korban dapat terus ditekan, sehingga kerusakan lingkungan akibat bencana yang kerap timbul dapat dikendalikan.

"Satu hal lagi yang perlu dicatat bahwa tidak ada yang mampu menjamin daerah kita ini akan terbebas dari segala jenis bencana, baik itu bencana alam, bencana non-alam maupun bencana sosial. Terlebih lagi wilayah Abdya yang merupakan salah satu kabupaten dalam Provinsi Aceh yang memiliki potensi cukup besar terhadap berbagai macam bencana," ujarnya. 

Untuk itu, tambah Kapolres, yang sangat diperlukan adalah membangun pemahaman, kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab semua pihak tentang pentingnya upaya penanganan bencana yang dimulai dari sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana, karena tanggung jawab penanggulangan bencana tidak hanya berada di pundak BPBD, tapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak. 

"BPBD tidak mungkin dapat bekerja sendiri, oleh karena itu diperlukan kerjasama lintas instansi dan lintas sektor. Jika ada terjadi bencana besar, semua instansi terkait wajib membantu baik tenaga maupun segala fasilitas yang dibutuhkan, termasuk alat-alat berat. Jika ada permintaan bantuan dari BPBD harus dikerahkan,” katanya. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyebutkan, pelaksanaan apel siaga ini bertujuan untuk menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam upaya penanggulangan setiap bencana yang terjadi.

Selain itu tambahnya, apel siaga ini juga dalam rangka melakukan pengecekan kesiap siagaan penanggulangan bencana yang tergabung dalam satgas siaga bencana Kabupaten Abdya serta untuk melihat kesiap siagaan peralatan, petugas maupun relawan. 

"Kami berharap melalui apel siaga bencana yang kita laksanakan hari ini, kedepan tindak lanjut penanganan setiap permasalahan bencana akan semakin baik,” tutup Kapolres. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, unsur Forkopimkab, para Asisten Setdakab Abdya, para kepala SKPK, Badan dan Kantor, Ormas, OKP, LSM serta tamu undangan lainnya.[Adi S]
Komentar

Tampilkan

Terkini