-->

Iklan

Pemkab Atam Berikan Bantuan Perahu Motor Kepada Nelayan, Ini Pesan Wabup!

30 Desember, 2019, 23.58 WIB Last Updated 2019-12-30T16:59:43Z
ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan memberikan bantuan berupa perahu motor beserta alat tangkap kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan yang tersebar di 4 (empat) kecamatan pesisir, yaitu Kecamatan Seruway, Bendahara, Banda Mulia dan Kecamatan Manyak Payed.

Acara penyerahan bantuan kepada para nelayan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT. Insyafuddin, ST, dan pelaksanaannya berlangsung di Kampung Muka Sei Kuruk, Kecamatan Seruway, Rabu (25/12/2019).

Kepala Dinas Pangan, Perikanan dan Kelautan Aceh Tamiang, Safuan, SP, dalam laporan kegiatan menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap yang kemudian berdampak pada peningkatan penghasilan nelayan.

Pada kesempatan itu, Safuan turut sampaikan pesan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan yang menerima bantuan agar dapat menjaga dan merawat bantuan yang telah diterima sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

"Teruslah semangat dan berusaha untuk memberikan peluang serta membuat program kerja kedepannya demi kesejahteraan para nelayan di Bumi Muda Sedia," demikian laporan yang disampaikan Kadis Safuan.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT, Insyafuddin, ST, yang hadir dalam penyerahan bantuan, mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah agar kesejahteraan para nelayan kedepannya menjadi lebih baik lagi.

"Penyerahan bantuan ini juga merupakan bagian dari visi dan misi pembangunan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan serta keluarganya, terutama meningkatkan perekonomian kerakyatan," terang Wabup.

Selanjutnya, Wabup menambahkan, para nelayan mesti memanfaatkan Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebaik mungkin. Karena KUB idealnya dapat menjadi wadah para nelayan agar dapat berkumpul untuk membahas masalah yang ada, dan membuat perencanaan kedepan.

Wabup Insyafuddin juga mengajak para anggota Nelayan KUB, penerima bantuan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah, karena bantuan yang diterima adalah salah satu bentuk rezeki yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Jangan lupa untuk selalu bersujud, dan menegakkan shalat di manapun berada. Walau sedang di tengah lautan, jangan pernah tinggalkan shalat. Jika kita selalu bersyukur, niscaya Allah akan senantiasa memberikan rezeki kepada hamba-Nya, bukan hanya melalui hasil tangkapan yang didapat para nelayan, tetapi juga Allah akan meluaskan rezeki dari segala arah," pesan Wabup HT, Insyafuddin, ST, kepada para nelayan.

Adapun keseluruhan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Aceh Tamiang kepada para Nelayan KUB adalah alat tangkap ramah lingkungan, yaitu gillinet/jaring, bubu, pancing, kotak fiber dan 1 unit jaring siakap. Selain itu,  perahu motor ukuran 14 Kaki sebanyak 1 unit. Kemudian, perahu motor ukuran 16 kaki sebanyak 15 unit, perahu motor ukuran 20 kaki sebanyak 3 unit. Selanjutnya, perahu motor ukuran 22 kaki sebanyak 5 unit, perahu motor ukuran 23 kaki sebanyak 5 unit, serta perahu motor ukuran 24 kaki sebanyak 4 unit. [ZF]
Komentar

Tampilkan

Terkini