-->








PERGUNU DKI Jakarta Gelar Workshop ICT Sambut Era Industri 4.0

24 Desember, 2019, 20.48 WIB Last Updated 2019-12-24T13:48:54Z
JAKARTA - PW Persatuan Guru NU (PERGUNU) DKI menggelar Workshop ICT (Information Communication and Technology) dengan tema "Urgensi Media pembelajaran Berbasis ICT Di Era Revolusi Industri 4.0" di Gedung Perpustakaan UNJ Rawamangun, Jakarta Timur, Jum'at kemarin.

Ketua PERGUNU DKI Jakarta, Luthfi Hakim Wahid, MM, mengatakan, salah satu indikator guru profesional dan kompeten adalah guru yang mampu beradaptasi dengan perkembangan keilmuan yang hari demi hari semakin canggih dengan cara penguasaan ICT. 

Hal ini sangat penting karena eksistensi guru yang kompeten dan profesional merupakan syarat mutlak hadirnya sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

"Hampir semua bangsa di dunia ini selalu mengembangkan kebijakan yang mendorong keberadaan guru yang berkualitas. Saat ini kita sudah berada di era Industri 4.0, dimana penggunaan teknologi digital dalam sistem pembelajaran menjadi hal mutlak. Terlebih era ini, pendidikan lebih praktis dan cepat," ujar Ketua PERGUNU DKI, yang disapa Gus Luthfi saat memberikan sambutan kepada peserta workshop yang datang dari seluruh wilayah DKI Jakarta.

Gus Lutfi yang juga Koordinator SDM PT Balai Pustaka (Persero) mengungkapkan, para guru NU harus membekali diri pengembangan kualifikasi dan kompetensi SDM dengan kemampuan literasi ICT, khususnya menyiapkan media pembelajaran berbasis ICT. 

Dalam konteks pembelajaran, pemanfaatan dan pemberdayaan media berbasis ICT, termasuk teknologi multimedia, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, yang diharapkan dapat memberikan kepuasan publiK dengan memberikan layanan yang prima dengan hasil sesuai dengan standar dan tujuan yang diharapkan.

Diakhir sambutannya, Gus Lutfi yang juga Dosen Entrepreneur Universitas Islam Assafiyah menegaskan, peningkatan kemampuan kualitas guru melalui ICT harus menjadi visi sinergis dan terintegrasi sehingga perkembangan ICT, Perkembangan siswa, dan perkembangan kompetensi guru berjalan lurus mengikuti arah perkembangan pendidikan dan pembelajaran.

Dalam acara tersebut, dengan pembicara Dr. Siti Nurjanah (Koordinator Penjaminan Mutu UNJ) dan Hendrawan, S.Kom (Koordinator Pendidikan Komputer Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika Cilandak Jakarta Selatan).

Acara tersebut dihadiri, Dr. Muhammad Zid yang mewakili Rektor UNJ, PW NU DKI Jakarta, KH Hazami Romli, S.Ag, Ketua PP PERGUNU, Dr Aris Adi Laksono, Ketua LP Maarif NU DKI Jakarta, H Jakfar Aminudin, MT dan Ketua PC PERGUNU se-DKI Jakarta.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini